Sukses

Kenalkan Traveling pada Anak Sejak Dini

Ajarkan anak akan dunia travelling sejak dini akan membantu mereka cepat dalam beradaptasi dan mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua pasti khawatir anaknya bepergian terlalu jauh. Apalagi jika sang anak masih sangat belia. Selain itu, sebagian besar orang tua mengaku tidak berminat untuk mengajar anak bahkan mengajak anak dalam perjalanan liburan karena khawatir akan merepotkan. Namun, kegiatan traveling tersebut nyatanya sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Seperti yang dilansir dari smarter travel, Rabu (28/10), anak sebaiknya mulai diperkenalkan dengan dunia travel sejak dini. Hal itu dimaksudkan agar sang anak jauh lebih berani, mandiri, dan jadi petualang yang hebat.

Beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan kepada buah hati tercinta dalam mengenalkan kegiatan travelling adalah sebagai berikut.

1. Perkenalkan dengan Atlas dan Globe Sejak Dini
Bagaimana anak kecil dapat melihat dunia yang akan dijelajahnya jika dia tak pernah melihatnya? Untuk mengawalinya, Anda bisa memperkenalkan dunia yang akan dijelajah sang anak lewat Globe atau bola dunia dan atlas.

2. Ceritakan Pengalaman Travelling Anda
Anak-anak menyukai cerita dan mereka akan duduk tenang dan mendengar dengan seksama saat seseorang mulai bercerita, seperti dongeng dan legenda. Cara tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan dunia travelling kepada mereka melalui pengalaman Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Anak Anda ke Lingkungan Para Pegiat Travelling

3. Ajak Anak Anda ke Lingkungan Para Pegiat Travelling
Mengenalkan dunia traveling kepada anak juga bisa lewat lingkungan pergaulan sesama pegiat traveling. Paling tidak cerita mereka bisa menginspirasi anak Anda akan dunia travelling.

4. Biarkan Mereka Mengalir
Selain Anda yang berperan dalam memperkenalkan dunia travel, biarkan sang anak belajar bertanggung jawab dan beradaptasi dengan lingkungannya sendiri. Banyak hal yang bisa sang anak pelajari dan kenali dari lingkungannya sehingga kelak mereka cepat beradaptasi.

3 dari 3 halaman

Asah Rasa Ingin Tahu Mereka.

5. Asah Rasa Ingin Tahu Mereka
Ciri petualang terbaik adalah mereka memiliki rasa ingin tahu besar. Dalam keseharian Anda, ajak sang anak untuk menggali ide kreatif sehingga tercipta pondasi yang mereka butuhkan saat menjelajah dunia kelak. Tahapan ini memberikan efek yang luar biasa karena dapat berguna untuk bidang lainnya.

6. Bantu Anak Anda untuk Percaya Hati Nurani dan Insting
Membantu anak untuk mengasah insting akan menjadikan mereka petualang yang hebat. Belajar peka dan memercayai insting akan sangat membantu saat sedang menjelajah dunia. Saat keadaan bahaya, insting akan membantu mereka untuk mampu bertahan hidup.

7. Ajak Anak Anda Travelling
Terlalu banyak teori tanpa adanya praktek, jelas akan sangat percuma. Tidak ada cara lain untuk mengenalkan anak akan dunia travelling selain mengajak mereka bepergian bersama Anda. Pilihlah beberapa destinasi yang sekiranya bisa dijalani bersama anak Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini