Sukses

7 Trik kembalikan Kesehatan Rambut Anda dari Bahan Kimia

Teknologi dan penelitian membantu pembuatan produk yang paling gaya, tetapi juga memberikan manfaat bagi rambut kita.

Liputan6.com, Jakarta Suhu tinggi (panas), bahan kimia, atau penataan tertentu seperti pengeritingan, pelurusan, atau pewarnaan bisa merusak rambut. Aturan yang benar, semakin sedikit aplikasi yang diberikan pada rambut, kondisinya akan semakin baik.

Untungnya berbagai pengembangan produk untuk rambut saat ini sudah jauh lebih baik ketimbang 20 tahun lalu. Teknologi dan penelitian membantu pembuatan produk yang paling gaya, tetapi juga memberikan manfaat bagi rambut kita.

Beberapa cara ini bisa Anda dilakukan guna mengembalikan kesehatan rambut.

- Potong bagian rambut yang rusak dan mulailah dengan perawatan rambut baru yang lebih menjanjikan.

- Kurangi atau minimalisasi kondisi yang dapat merusak rambut. Bila rambut terlihat kusam dan kering, potong bagian itu hingga menyisakan hanya rambut yang sehat.

- Menurut Larry Baron, pemilik dan penata rambut dari Spa Chritine, Boston, AS, seperti dikutip WebMD, trik untuk menjaga kesehatan rambut adalah menjaga keseimbangan pH-nya yang berkisar 4,5.

- Jika tidak bisa menghindari penggunaan hair dryer, pilih suhu yang tidak terlalu panas. Beri jarak antara rambut dan alat pengering tersebut, sehingga panasnya tidak langsung mengenai rambut Anda.

- Gunakan hair extension atau rambut tambahan dengan bijaksana. Bila rambut ekstensi terlalu kencang berarti ada tarikan yang berlebihan, dan ini akan merusak akar rambut. Rambut memang kuat, tetapi tetap memiliki titik patah. Jadi perlakukan rambut Anda secara lembut dan penuh kasih.

- Jaga kebersihan kulit kepala karena masalah seperti ketombe juga akan memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan.

- Potong pendek. Saat rambut Anda benar-benar rusak dan kering, tak ada salahnya sesekali memotong rambut menjadi sangat pendek. Setelah itu baru dipanjangkan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.