Sukses

5 Kuliner Khas Nanjing, Tiongkok yang Melegenda

Berikut ini adalah makanan-makanan khas Nanjing, Tiongkok, yang melegenda.

Liputan6.com - Tiongkok terkenal sebagai salah satu negara yang menjadi surga para pecinta kuliner dunia. Sulit menyangkal setiap kelezatan yang dihadirkan lewat masakan dengan resep turun menurun dari zaman kekaisaran di negeri tersebut.

Salah satu pusat kuliner yang berpengaruh di negeri tirai bambu itu terletak di Provinsi Jiangsu tepatnya di kota Nanjing. Alhasil kota ini mampu menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional dengan sajian kulinernya yang memukau, salah satunya hidangan bebek.

Seperti dilansir dari situs cnn.com pada Senin (26/10), berikut ini 5 hidangan terbaik khas Nanjing yang melegenda.

1. Bebek asin

Nanjing merupakan pusat kuliner berbahan dasar bebek. Seperti ungkapan masyarakat lokal setempat tentang kuliner ini, "tanpa bebek, masakan terasa tak lengkap". Hidangan bebek asin ini disajikan dalam keadaan dingin sebagai makanan pembuka dan cemilan. Masakan ini juga bisa jadi teman minum Anda sebelum menyantap hidangan utama.

2. Pangsit daging tumis
Rasanya yang gurih, daging sapi diolah dengan tumisan bawang dan dibungkus dengan kulit pangsit yang lembut. Setelahnya, pangsit tersebut di sajikan dengan sup hangat. Bagi masyarakat lokal, masakan ini dikenal dengan Niu Rou Quotie dan menjadi salah satu kuliner kebanggaan kota Nanjing. Selain itu, masakan ini juga ditetapkan sebagai kuliner tradisional khas dari Qinhuai pada tahun 1987.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tang Bao (Sup pangsit)

3. Tang Bao (Sup pangsit)
Siapa yang mampu menolak kelezatan dari hidangan yang satu ini? Berbeda dengan Niu Rou Quotie, pangsit yang didalamnya diisi dengan daging ayam dan babi ini disajikan dalam bentuk rebusan. Jika Anda berminat untuk menyicipi kelezatannya, restoran Liu ChanXing adalah salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi.

4. Ikan Mandarin Asam Manis
Masakan ini juga menjadi salah satu kuliner khas Nanjing yang terkenal. Irisan daging ikan tanpa duri yang direbus bersama udang, kacang, dan jamur ini disajikan dengan saus asam manis. Masakan ini juga patut Anda cicip ketika mampir berplesir ke kota ini.

5. Bebek Panggang Jinling
Seolah tak ada habisnya, berdebat soal dari mana asal muasal masakan bebek panggang yang terbaik. Nanjing yang menjadi pusat peradaban kuliner bebek di Cina sudah dikenal sejak masa Dinasti Ming. Menurut sejarahnya, Kaisar Zhi yang memerintah pada masa tersebut menjadikan hidangan ini sebagai masakan favorit saat pindah ke Beijing. Menikmati kerenyahan kulit bebek panggang menjadi salah satu pengalaman kuliner yang akan sulit Anda lupakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.