Sukses

Waspada Pembajakan Informasi, Jangan Posting Boarding Pass Anda!

Berlibur menggunakan pesawat memang jauh lebih efektif, tapi jangan ceroboh mem-posting foto boarding pass Anda ke sosial media.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke suatu tempat dengan pesawat memang jauh lebih efektif, apalagi saat waktu liburan yang singkat. Anda tak perlu repot lagi untuk pemesanan tiket pesawat secara manual karena segala informasi sudah bisa diakses melalui smartphone Anda.

Saat liburan tiba, sebagian orang mungkin sangat bersemangat saat sudah memegang boarding pass di bandara dengan segala beribu rencana di kepala mereka. Di zaman media sosial seperti saat ini, tak lengkap rasanya untuk tidak mengunggah foto berbagai aktivitas liburan mereka, termasuk mem-posting boarding pass pesawat. 

Namun, sadarkah Anda kalau tindakan tersebut akan sangat berbahaya untuk keamanan informasi pribadi Anda?

Aktivitas mengunggah foto boarding pass ke media sosial, seperti Instagram, Path, atau Facebook akan mengancam privasi Anda. Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda seberapa banyak informasi yang bisa didapatkan dari sebuah boarding pass.

Melalui sebuah postingan dari Krebson Security seperti yang dilansir dari Smart Travel, Jumat (23/10/2015), ada beberapa website yang mampu membaca barcode pada boarding pass Anda. Setelah terbaca, informasi-informasi penting perihal kontak perjalanan dan nomor penerbangan Anda bisa terlacak.

Dengan akses melalui barcode dari boarding pass, seseorang bisa mengubah nomor tempat duduk Anda di pesawat dan bahkan bisa membatalkan perjalanan Anda. Alih-alih hanya sekadar mem-posting aktivitas liburan Anda, hal ini malah merugikan diri Anda sendiri. (Ffs/Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini