Sukses

Hindari Bad Mood Lebih Lama dengan Dark Chocolate

Pilihan cokelat juga mempengaruhi efek yang dihasilkan ke tubuh. Dark chocolate akan memberikan efek yang lebih panjang.

Liputan6.com, Jakarta Cokelat telah lama dikenal sebagai makanan anti-bad mood. Maka makanan ini kerap dijadikan pilihan untuk mengatasi perubahan mood yang cepat karena pengaruh hormonal, misalnya pada wanita yakni ketika waktu haid akan tiba. Namun, ternyata pilihan cokelat juga mempengaruhi efek yang dihasilkan ke tubuh.

Chef spesialis dessert atau hidangan penutup Odie Djamil mengatakan, cokelat bisa memperbaiki mood karena zat theobromin yang dikandungnya. Zat ini membantu merangsang rasa positif dalam tubuh. "Theobromin merupakan zat kimia alami yang terdapat dalam cokelat yang menimbulkan rasa nyaman dan nikmat," katanya di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Dari berbagai macam jenis cokelat, dark chocolate atau cokelat hitamlah yang memiliki kandungan theobromin paling tinggi. Karena itu, kata Odie, dark chocolate adalah jenis yang paling baik untuk membuat rasa nyaman dan nikmat yang lebih lama. "Rasanya lebih lama lagi karena makin tinggi konsentrasi theobrominnya, lebih pekat. Makanya, dark chocolate juga bisa. Istilahnya longer lasting pleassure, rasa nikmat yang tahan lebih lama," ungkapnya.

Namun, harus diakui rasa dark chocolate lebih pahit daripada cokelat lainnya. Sementara tidak semua masyarakat Indonesia dapat menikmati rasa pahit dari cokelat. Untuk itu, ia menyarankan untuk mengonsumsi dark chocolate dengan campuran-campuran, misalnya dengan karamel yang membuat rasanya lebih manis atau buah yang membuatnya lebih segar. (Uno/Nad)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini