Sukses

Agar Sirkulasi Udara Rumah Berjalan dengan Baik

Ini tips dari Seekmi.com untuk mendapat sirkulasi udara rumah yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Rumah bukan hanya sebagai tempat beristirahat, tetapi rumah menjadi tempat keluarga Anda berkembang. Tentu Anda tidak mau melihat anak atau keluarga Anda pertumbuhannya terhambat atau bermasalah karena situasi rumah yang tidak baik.

Kondisi rumah sangat mempengaruhi, sekarang kami akan membahas bagaimana tips agar sirkulasi udara rumah mampu menjaga kenyamanan rumah. Sirkulasi udara serta cahaya adalah salah satu syarat mempunyai kondisi rumah yang baik.

Sia-sia bila Anda mempunyai halaman rumah yang luas, tanaman yang hijau, namun dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Bagaimana cara mendapat sirkulasi udara rumah yang baik? Perhatikan 4 hal berikut ini.

 

Ventilasi
Anda harus memperhatikan ventilasi agar sirkulasi udara rumah berjalan dengan baik. Sebelum membangun rumah atau membeli rumah, Anda harus benar-benar memperhatikan bagaimana ventilasi yang ada.

Setiap ruangan harus mempunyai minimal satu ventilasi. Jika ruangan Anda cukup besar, Anda bisa membuat 2 ventilasi atau lebih.

Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa setiap ventilasi tersebut secara teratur. Jangan sampai ventilasi yang ada di rumah Anda tidak pernah Anda bersihkan.

Bersihkan ventilasi minimal 2 hari sekali atau yang paling baik adalah sehari sekali. jika Anda jarang membersihkannya, udara akan bercampur dengan debu. Membersihkan ventilasi adalah cara pertama mempunyai sirkulasi udara yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agar Sirkulasi Udara Rumah Berjalan dengan Baik

Jendela
Anda tahu perbedaan ventilasi dengan jendela? Ventilasi adalah bagian keluar masuk udara yang letaknya biasanya berada di atas jendela. Jendela biasanya bisa dibuka-tutup, sedangkan ventilasi umumnya tidak bisa dibuka-tutup.

Yang terpenting dari jendela adalah ukuran. Ukuran jendela sangat berpengaruh pada sirkulasi udara rumah Anda. Jendela memang sangat berpengaruh kepada desain rumah, biasanya jenis jendela mengikuti model rumah. Tetapi karena mengikuti desain rumah, jendela kadang tidak diperhatikan lebih lanjut.

Jangan lupa untuk membuka selalu jendela ruangan Anda setiap pagi dan sore agar sirkulasi cahaya dan udara rumah Anda baik.

AC dan kipas Angin
Beberapa rumah diperlengkapi dengan kipas angin atau AC. Anda yang memiliki hal tersebut di rumah wajib menjaga kebersihannya. Bersihkan kipas angin serta filter AC secara rutin, minimal 2 minggu sekali.

Kipas angin dapat Anda tempatkan di dekat ventilasi agar dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Untuk penggunaan AC, jangan biarkan pintu terbuka pada saat AC dinyalakan.

Ventilasi aktif
Ventilasi aktif adalah ventilasi tambahan untuk ruangan yang memerlukan sirkulasi udara lebih. Misalnya di dapur, di kamar mandi, atau di ruangan yang cukup besar. Ventilasi aktif ini misalnya Extractors dan Exhaust Fan. Exhaust fan ini biasanya digunakan di dapur serta kamar mandi agar sirkulasi udaranya baik.

 

Jika Anda mencari atau menyewa jasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Seekmi.com memiliki banyak pengalaman dalam menemukan perusahaan yang menyediakan jasa dengan pengalaman sangat baik. Daftarkan segera atau hubungi Seekmi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

(Seekmi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.