Sukses

Mau Sukses Dalam Bekerja? Mulai Deh Hidup Praktis dan Efektif

Waktu adalah uang, begini cara mengoptimalkan waktu Anda di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta Ungkapan waktu adalah uang ada bukan tanpa alasan, waktu yang telah terlewat tak bisa dikembalikan, padahal, jika pintar mengatur aktivitas harian paling sederhana sekalipun bukan tak mungkin akan banyak waktu bisa ditabung untuk melakukan banyak hal penting.

Penggunaan waktu yang efisien dan diisi dengan hal-hal produktif akan beimbas pada kemajuan hidup, terutama di tempat kerja. Berikut beberapa tips agar hidup efisien:

1. Jangan terlalu sering cek email

Rata-rata orang menghabiskan sekitar 7 jam seminggu hanya untuk mengelola e-mail. Umumnya mereka merasa was-was apabila ada email penting yang masuk. Mulailah untuk mematikan email alert dan periksa e-mail cukup beberapa kali saja dalam sehari. Buat akun email khusus untuk klien dan jangan memberikan alamat email reguler Anda kepada klien.

2. Belajar untuk mengatakan 'tidak'

'Tidak' adalah kata yang mudah diucapkan daripada dilakukan, dalam bekerja seringkali Anda dihadapkan pada urusan pertemanan dan pekerjaan, bila hal tersebut dicampuradukkan dapat menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri. Perasaan tak enak pun kerap memaksa Anda melakukan sesuatu yanng sebenarnya tak Anda inginkan.

Mulai sekarang belajarlah untuk berkata 'tidak' hal itu ialah salah satu cara termudah untuk mengurangi stres, Anda pun akan lebih banyak memiliki waktu untuk diri sendiri. Anda tak perlu memberikan penjelasan panjang lebar atas tanggapan itu dan jangan pula merasa bersalah atas hal tersebut, karena hal itu mungkin saja lebih baik untuk Anda.

3. Optimalkan fitur speed dial di ponsel

Mencari kontak apalagi mengetikkan nomor setiap orang yang ingin Anda tuju terdengar sebagai hal yang sepele. Tapi, coba bayangkan jika dalam sehari ada banyak orang yang harus Anda hubungi berapa banyak waktu tersita hanya tuk sekadar berkomunikasi. Simpan semua nomor telepon penting di ponsel Anda, seperti klien-klien penting juga rumah, dokter pribadi, atau terapis pijat langganan.

4. Bersihkan media penyimpanan Anda setahun sekali

Dalam bekerja pasti sering berkutat dengan media penyimpanan terutama harddisk komputer dimana semua data pekerjaan berkumpul di sana. Aturlah file dalam komputer setidaknya sebulan sekali, dengan arsip yang rapi segala pekerjaan Anda dapat dengan cepat ditemukan sewaktu-waktu diperlukan.

5. Selalu Gunakan gadget yang tepat untuk mendukung kegiatan kerja Anda

Laptop identik dengan para pekerja, semua hal berkaitan dengan pekerjaan seperti mengedit teks dan presentasi langsung dari komputer praktis tersebut. Namun, perkembangan teknologi kian cepat, berkomunikasi pun tidak melulu mengandalkan ponsel, tapi telah beralih ke aplikasi pesan seperti WhatsApp, Line, BBM dan sebagainya. Karenanya, membawa dua perangkat seperti laptop dan ponsel menjadi kurang praktis. Padahal, ada sebuah perangkat yang bisa memudahkan Anda daripada harus bergantian menggunakan perangkat yang lain, seperti halnya Samsung Galaxy Tab S2.

Dibandingkan laptop, body Samsung Galaxy Tab S2 memiliki desain tipis tapi sangat kokoh dengan ketipisan hanya 5.6mm dan bobot hanya 392g untuk versi layar LTE 9.7 inci serta 272g versi 8 inci. Dengan begitu, mobilitas Anda akan terasa lebih ringan untuk dibawa-bawa kemana pun.

Saat Anda ingin mengetik atau mengedit pekerjaan langsung saja lakukan di atas layar Super AMOLED, tampilan teks begitu tajam, setiap gambar dalam materi presentasi maupun video pun terasa lebih hidup dengan warna sesuai dengan aslinya.

Seperti halnya di komputer, bersama Samsung Galaxy Tab S2 multitasking terasa sangat mudah, susun materi presentasi bersamaan sambil browsing atau menonton video sementara jendela lainnya sedang mengunduh film berikutnya. Tak perlu takut kinerja melambat, karena Samsung Galaxy Tab S2 diotaki oleh Processor Octa Core-64 Bit dan RAM 3GB. Dapur pacu berkecepatan tinggi tersebut memiliki 2 dua inti prosesor yang masing-masing terdiri dari Quad Core 1.9 Ghz dan Quad Core 1.3 Ghz.

lakukan langkah mudah tersebut untuk hidup lebih baik, karena kesuksesan ada di tangan Anda.
(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini