Sukses

Mau Tampak Lebih Muda? Hindari 10 Kesalahan Riasan Ini!

Inilah 10 kesalahan dalam riasan yang akan membuat wajah Anda tampak lebih tua dari usia Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa wajah tampak lebih tua dari usia Anda ? Mungkin ada beberapa cara riasan yang harus Anda hindari. Seperti lansiran dari Oprah.com 12/10/2012), kami akan menuntun Anda kepada teknik yang benar untuk mendapatkan tampilan makeup yang segar dan muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Memakai foundation terlalu tebal

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Foundation yang terlalu tebal justru akan menciptakan kerutan dan menghilangkan kilau alami wajah. Seperti yang dikatakan makeup artist Frances Hathaway, hanya gunakan foundation untuk meratakan warna kulit. Anda tak perlu menyamarkan setiap inci wajah. Ketika membeli foundation, hindari yang berlabel matte, velvet dan long-wearing, tapi carilah yang memiliki formula cair yang sheer/tipis dengan pigmen yang ringan untuk dibaurkan. Jika Anda memiliki kulit yang kering, foundation dapat terlihat pecah-pecah dan makin membuat warna kulit tidak merata. Selalu lakukan eksfoliasi 2 atau 3 kali seminggu dan gunakan selalu pelembap sebelum menggunakan foundation. 

 

3 dari 11 halaman

Terlalu banyak menggunakan concealer mata


Concealer dalam bentuk stick atau pot akan menutup lingkaran hitam pada mata Anda, tapi juga akan malah membuat mata tampak lebih berkerut. Sebaiknya pilihlah highlighter pen yang mencerahkan namun tidak memberi warna yang terlalu pekat. Aplikasikan hanya sudut dalam bawah mata, yang merupakan area tergelap.

 

4 dari 11 halaman

Menggunakan lipstik warna gelap

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Warna gelap memang menciptakan ilusi lebih kecil dan tipis, seperti jika diaplikasikan pada bibir. Juga akan membuat wajah tampak lebih tua. Sebaiknya, ciptakan ilusi bibir lebih penuh, gunakan lipstik warna terang dan lipgloss. Atau terapkan trik para makeup artist, sebelum mengaplikasikan lipstik, bingkai bibir dengan lip liner lalu baurkan ke seluruh bibir.

5 dari 11 halaman

Menggunakan bedak

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Kulit yang muda identik dengan tekstur yang bercahaya. Bedak akan menghilangkan kilau alami wajah dan memperjelas kerutan. Sebaiknya gunakan bedak dengan warna transparan, dan gunakan hanya pada zona T (dahi, hidung dan dagu) untuk mencegah minyak. Dan sediakan juga tisu penyerap minyak.


6 dari 11 halaman

Menggunakan eyeliner hitam

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Tetap gunakan eyeliner karena dapat membuat mata lebih terbuka dan berbinar, namun daripada hitam, pilihlah warna coklat. Agar mata tampak lebih tegas namun tetap terlihat lembut, baurkan garisnya. Hindari garis tebal yang akan membuat kelopak atas terlihat lebih berat. Gariskan eyeliner coklat pada garis kelopak atas dan baurkan dengan cotton bud.


7 dari 11 halaman

Memakai Lip Liner Secara Berlebihan

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Lip liner memang dapat mempertegas bentuk bibir dan mencegah warna lipstik yang tidak merata. Tapi hati-hati dalam mengaplikasikannya. Jika Anda menggariskannya terlalu tebal, atau dengan warna yang terlalu gelap, maka bibir akan terlihat kaku. Untuk hasil yang natural, gunakanlah lip liner yang senada dengan warna bibir Anda. Bukan yang senada dengan warna lipstik. Dan pilihlah formula yang creamy sehingga tidak pecah-pecah. Gunakan pada seluruh permukaan bibir.


8 dari 11 halaman

Menggunakan eyeliner dan maskara di garis bawah mata

Foto: Oprah.com/Thinkstock

Merias garis bawah mata dapat membuat mata terlihat satu dan memusatkan perhatian pada kantung mata. Sebaiknya, alihkan perhatian pada bulu mata atas dengan mengaplikasikan maskara yang memberikan efek volume.


9 dari 11 halaman

Melupakan Blush On

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Pipi yang merah merona memang membuat wajah tampak lebih hidup dan segar. Jika digunakan secara benar, blush on juga dapat merampingkan wajah. Cara mengaplikasikannya, tersenyumlah, lalu sapukan blush on pada apel pipi secara tipis-tipis. Baurkan secara memutar dengan kuas besar. Hindari sapuan yang menggarisi tulang pipi, karena justru dapat membuat wajah tampak sayu dan suram.

10 dari 11 halaman

Menggunakan lipstik langsung dari kemasannya

Foto: Oprah.com/Thinkstock
Aplikasi lipstik yang terlalu tebal juga dapat membuat wajah tampak lebih tua. Sebaiknya, aplikasikan lipstik secara tipis namun beberapa lapis. Caranya, gunakan jari atau kuas bibir untuk memoleskan lipstik. Fokuskan aplikasi lipstik pada bagian tengah bibir, lalu baurkan hingga ke garis bibir. Lalu lapisi dengan lipgloss yang ringan.


11 dari 11 halaman

Menggunakan pensil alis berwarna pekat

Foto: Oprah.com/Thinkstock

Warna alis yang terlalu gelap dan pekat akan membuat wajah menjadi lebih tua. Sebaiknya pilih warna setingkat atau 2 tingkat lebih muda dari warna rambut alis Anda. Serta hindari membentuk alis terlalu menukik dan runcing. Alis yang agak tebal dan rata seperti selebriti Korea dijamin akan bikin wajah tampak lebih imut dan muda.


(Vyo/Nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.