Sukses

10 Benda yang Bikin Traveling Makin Hemat

Hobi traveling tidak harus mahal, benda-benda ini bisa meminimalkan pengeluaran Anda saat bepergian.

Liputan6.com, Jakarta Hobi traveling tak harus mengeluarkan biaya besar. Traveling ala backpacker sudah lama dikenal sebagai salah satu cara memuaskan hasrat bepergian yang tetap ramah di kantong.

Cara lainnya untuk menghemat pengeluaran saat berpergian yakni dengan membawa barang-barang tertentu. Dengan membawa barang-barang tertentu, Anda tak perlu lagi merogoh kocek untuk membelinya sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Mempersiapkan sebelum perjalanan juga artinya Anda tidak perlu membeli baru. Barang-barang ini mungkin sudah tersedia di rumah. Atau, Anda bisa mendapatkannya di toko langganan sehingga harganya bisa lebih terprediksi.

Apa saja barang-barang itu? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Pop Sugar, Kamis (8/10/2015).

1. Plester berbagai ukuran
Jika kaki Anda lecet karena pakaian yang Anda pakai, maka barang ini bisa menjadi penyelamat Anda. Bawalah plester dan benda-benda pertolongan pertama lainnya di tas Anda saat bepergian.

2. Penghilang noda dalam kemasan kecil
Percayalah, benda ini sangat mungkin diperlukan. Saat pakaian Anda terkena noda makanan atau kotoran saat bepergian, Anda perlu menghilangkannya dengan segera untuk mencegahnya lebih sulit dihilangkan. Membawanya dengan kemasan kecil akan meringankan barang bawaan Anda, serta lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli yang baru.

3. Kantong plastik makanan
Plastik bening bisa digunakan untuk menyimpan makanan dalam jumlah besar sehingga Anda bisa menyimpan makanan untuk dimakan nanti. Atau, Anda bisa menyimpan makanan yang dapat dibagikan kepada anggota perjalanan Anda yang lain. Cara ini tentu dapat menghemat karena tidak perlu lebih sering membeli makanan.

4. Pelembab
Ini adalah barang yang wajib dibawa. Anda tak pernah tahu cuaca yang akan terjadi di tempat tujuan Anda bepergian. Pelembab akan menjadi penolong Anda bila cuaca terlalu kering. Usahakan membawa pelembab yang bisa dipakai sekaligus untuk badan, wajah, dan bibir sehingga lebih menghemat tempat.

5. Camilan
Terkadang di antara jam makan, perut terasa lapar. Membawa camilan sendiri akan mencegah Anda membeli makanan camilan dengan harga yang lebih mahal.

6. Buku atau majalah
Bahan bacaan diperlukan saat ada waktunya Anda menunggu sesuatu. Agar tidak tergoda membeli majalah dan buku di tempat tunggu yang mungkin berharga lebih mahal, ada baiknya Anda membawa buku yang belum Anda selesaikan atau majalah baru yang Anda beli di kios langganan.

7. Botol kosong
Botol dengan air memang tidak diperbolehkan masuk ke bandara, tetapi tidak ada aturan untuk botol kosong. Botol ini bisa dimanfaatkan untuk diisi di tempat yang menyediakan sumber air minum, sehingga Anda bisa lebih hemat.

8. Charger
Alat ini tak seharusnya absen dari barang bawaan bepergian karena sangat dibutuhkan untuk mengisi daya barang-barang elektronik. Jika harus membeli baru, hal itu tentu akan membebani pengeluaran Anda.

9. Adaptor
Jika bepergian jauh ke negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, atau negara-negara lainnya di Eropa, steker listrik yang digunakan berbeda. Biar aman, sebaliknya Anda membawa adaptor yang bisa mengonversi bentuk steker.

10. Tali jemuran
Jika harus mencuci sendiri baju Anda selama bepergian, inilah benda yang Anda butuhkan. (Uno/Ibo)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini