Sukses

Cara Mudah Membuat Taman di Atap Rumah

Lahan yang semakin sempit, mendorong tiap orang untuk menciptakan inovasi membuat taman di atap rumah.

Liputan6.com, Jakarta Lahan yang semakin sempit, membuat beberapa desain rumah di perkotaan lebih memilih membuat tempat parkir mobil ketimbang pekarangan di depan rumah. Hal ini yang kemudian mendorong banyak orang melakukan inovasi dengan menciptakan ruang terbuka hijau yang tidak melulu berada di depan rumah.

Dilansir dari instructables, Jumat (2/10/2015), banyak cara untuk menciptakan desain taman yang tidak melulu di depan rumah, salah satunya adalah memanfaatkan lahan tak terpakai yang ada di bagian atas rumah. Untuk menciptakannya, Anda hanya memerlukan beberapa perlengkapan sederhana.

Beberapa perlengkapan tersebut antara lain, kayu keras tahan cuaca dengan harapan bertahan hingga 30 tahun, kotak tanaman yang dibuat khusus, rumput hias Jepang, dan bambu serta beberapa tumbuhan bonsai yang menarik.

foto: instructables.com

Setelah beberapa perlengkapan telah tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang dek menggunakan sistem alas, yang memungkinkan air mengalir ke saluran pembuangan. Agar sistem saluran pembuangan berjalan dengan baik, dek perlu diberi ruang sekitar 3 cm pada bagian sisinya. Hubungkan jalur pembuangan air ini dengan lubang drainase yang langsung menuju ke bawah.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam membuat taman di atap rumah adalah dengan memasangkan lapisan kain pada bagian bawah pot. Hal ini dilakukan agar saat tanaman disiram, tanah pada pot tidak ikut keluar dan mengotori dek serta bagian rumah yang lain.

foto: instructables.com

Setelah semua siap, proses selanjutnya adalah dengan memberi tanaman pada pot yang sudah tersedia. Rumput Jepang yang halus, serta pohon bonsai yang bentuknya unik menjadi beberapa pilihan tanaman yang bisa dipakai untuk menghiasi taman atap Anda. Saat semua selesai, Anda perlu memberikan pencahayaan yang baik untuk tanaman, agar tetap terlihat indah di malam hari. Setelah itu, Anda bisa menikmati indahnya taman tanpa harus dipusingkan dengan lahan yang terbatas. (Ibo/Nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini