Sukses

Ini Dia 6 Hutan Fantastis yang Benar-benar Ada di Dunia

Lebih dari sekadar hamparan pepohonan yang maha luas, hutan juga menyimpan berjuta eksotisme yang tidak bisa dijumpai di tempat lain.

Liputan6.com, Jakarta Hutan merupakan suatu ekosistem berupa hamparan lahan maha luas yang berisi sumber daya alam hayati dan didominasi oleh pepohonan. Menjadi habitat bagi sekawanan hewan eksotik yang saling berkaitan satu sama lain, hutan bagi sebagian orang adalah tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, selain pantai dan danau.

Dilansir dari Roughguides, Senin (28/9/2015), berikut 6 hutan paling eksotik di dunia.

Hutan Amazon, Amerika Selatan

foto: roughguides.com

Amazon adalah ‘kakek’ bagi semua hutan hujan tropis yang ada di dunia. Diklaim sebagai hutan hujan tropis terbesar di dunia, Amazon menjadi rumah bagi trenggiling raksasa, lumba-lumba pink, hingga jaguar. Selain menjadi habitat asli bagi sekawanan hewan liar, Amazon hingga saat ini masih menjadi rumah bagi lebih dari 300.000 orang pribumi, yang beberapa di antaranya masih terasing, dan berbicara menggunakan 200 bahasa yang berbeda.

Green Montain National Forest, Amerika Serikat

foto: roughguides.com

Udara segar dan apel besar yang menggantung pada dahan-dahan pohon menjadi gambaran umum bagi green Montain National Forest. Daunnya yang berwarna cerah, perpaduan unik di antara banyak warna, merah, kuning, dan emas, menjadikan hutan ini nampak mengagumkan jika dilihat dari ketinggian. Pertengahan September hingga Oktober adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan musim gugur di hutan yang ada di Amerika Serikat tersebut.

Arashiyama Bamboo Grove, Jepang

foto: roughguides.com

Tempat yang awalnya menjadi lokasi relaksasi bagi kekaisaran Jepang ini terkenal dengan pemandangan pohon bambunya yang menawan. Sempat menjadi lokasi didirikannya kuil Buddha dan biara-biara, hutan bambu eksotik ini, kerap dikunjungi wisatawan untuk mengeksploitasi kuil-kuil dan pemandangan hutan bambu yang menakjubkan. Jalan yang dibangun sesuai dengan liku pohon bambu, serta bunyi gesekan dedaunannya saat diterpa angin, membuat seseorang yang berada dalam Arashiyama Bamboo Grove bagaikan hidup di negeri dongeng.

Hutan Papua Barat, Indonesia

foto: roughguides.com

Hutan Indonesia sejak lama menjadi penyedia karbondioksida bagi sebagian besar manusia di bumi, hingga dinobatkan sebagai paru-paru bagi dunia. Hutan Papua Barat merupakan salah satu hutan eksotik yang ada di dunia dengan kekayaan hayati yang dimilikinya. Orang-orang Korowai yang tinggal di dalamnya, telah lama beradaptasi dengan lingkungan hutan yang ekstrem. Salah satunya adalah dengan membangun rumah pada puncak-puncak pohon, untuk menghindari gigitan nyamuk hutan yang ganasa. Setiap rumah dibagi untuk menjadi tempat tinggal hingga belasan orang, dengan akses jalan melalui tangga ramping yang tinggi. Namun demikian, berbagai ancaman menghantui hutan-hutan Indonesia, mulai dari ilegal logging hingga kebakaran hutan yang disengaja.

Azrou Cedas Forest, Maroko

foto: roughguides.com

Hutan Cedar menjadi habitat asli bagi sekawanan hwan langka nan eksotik, seperti salah satunya adalah Kera Barbary. Mereka berkeliaran di hutan dalam koloni-koloni yang beranggotakan hingga seratus ekor kera. Pohon aras yang menjadi habitat bagi Kera Barbary dapat hidup selama lebih dari 400 tahun, dengan pertumbuhan batang hingga mencapai 200 kaki.

Bellavista Cloud Forest, Ekuador

foto: roughguides.com

Basah dan hijau menjadi gambaran umum bagi hutan yang berada di salah satu negara Amerika latin ini. Dikenal sebagai habitat asli bagi dinosaurus di zaman pra-sejarah, hutan ini dihiasi dengan air terjun berwarna perak dan pegunungan yang kerap diselimuti kabut gelap. Ada lebih dari 300 spesies burung yang berumah pada Bellavista Cloud Forest. (Ibo)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.