Sukses

Trik Mudah Bikin Kolam Ikan dengan Lahan Terbatas di Rumah

Kolam ikan merupakan elemen penting yang harus ada di dalam taman rumah.

Liputan6.com, Jakarta Taman rumah bagi penduduk di perkotaan nampaknya bukan lagi sekadar pemanis rumah belaka. Sudah seharusnya taman rumah dibuat dengan cara terkonsep dengan baik. Tata letak dan komposisi taman juga menjadi perhatian, mengingat dibutuhkan pengetahuan lebih untuk menciptakan taman rumah yang bagus pada lahan yang terbatas.

Salah satu elemen penting yang juga harus ada pada sebuah taman rumah adalah kolam ikan. Kolam ikan yang dilengkapi dengan suara gemericik air tentu akan menambah suasana taman Anda jadi lebih syahdu dan menarik. Lebih dari sekadar pemanis, taman rumah Anda bisa menjadi tempat menyingkir sejenak dari rutinitas kehidupan kota yang bising.

Dilansir dari instructables, Sabtu (5/9/2015), berikut cara mudah menciptakan kolam ikan di taman rumah pada lahan yang terbatas. Mulanya Anda perlu menyediakan berbagai peralatan, antara lain sekotp, selang air, plastik dengan ukurun yang lebar, pasir, beberapa batu bata, pompa air mancur, batu alam, dan semen.

foto: instructables.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat lubang pada taman rumah Anda. Tidak perlu terlalu besar, dan tidak perlu buntuknya bulat sempurna. Ukuran kecil dengan bentuk sembarang tentu akan menghasilkan bentuk kolam ikan yang lebih estetis.

foto: instructables.com

Langkah selanjutnya adalah lapisi lubang yang telah dibuat dengan menggunakan plastik hitam yang berukuran lebar. Pastikan semua bagian kolam hingga ke sisinya tertutup plastik. Tiban plastik pelapis menggunakan batu bata pada seluruh sisi pinggir kolam. Kemudian tutup sela-sela batu bata dengan pasir hingga tampak rapi.

foto: instructables.com

Jangan lupa untuk memasukkan ornamen pompa air di tengah kolam untuk memunculkan efek air mancur dan suara gemericik. Setelah itu, isi kolam dengan air dan beberapa ikan hias. Lebih cantik jika kolam yang Anda buat dihiasi dengan beberapa batu alam. Bentuknya yang estetis bisa Anda padukan dengan beberapa tumbuhan di sekitarnya. Selamat menikmati kolam buatan Anda sendiri. (ibo/nad)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.