Sukses

Daftar Sungai Menakjubkan di Dunia, Adakah dari Indonesia?

Selain pengendali air di darat, sungai-sungai ini juga menjadi destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Sungai sepanjang sejarah peradaban telah menjadi sahabat bagi manusia. Selain berfungsi untuk mengaliri kelebihan air yang ada di darat, sungai mempunyai fungsi yang penting dalam penyedia air minum bagi manusia. Pada masyarakat bercorak agraris, aliran air sungai juga dimanfaatkan untuk keperluan irigasi pertanian.

Namun tak jarang sungai menjadi sumber bencana bagi manusia jika terus-menerus dieksploitasi, dan tidak merawatnya dengan baik sehingga menimbulkan sedimentasi. Banjir saat musim hujan merupakan salah satu akibatnya.

Melihat arti penting sungai bagi peradaban manusia, beberapa negara ini melakukan upaya sekuat tenaga untuk merawat dan melestarikan sungai. Alih-alih ingin melestarikan, sungai di beberapa negara ini menjelma menjadi objek wisata menarik yang banyak dikunjungi tiap tahun. Berikut 6 sungai menakjubkan di berbagai negara di dunia, seperti yang dilansir Roughguides, Kamis (3/9/2015).

Sungai Nil, Mesir

foto: roughguides.com
Apa yang ada dalam kepala Anda saat mengucapkan kata “Nil”, dengan gambar gurun pasir dan firaun? Tentu jawabannya eksotik, dan memang salah satu sungai terpanjang yang melintasi banyak negara ini menjadi salah satu objek wisata menarik di tengah gurun pasir yang gersang Mesir.

Sungai Yarra, Australia

foto: roughguides.com
Sungai yang melintasi bagian tenggara Victoria juga membelah kota Melbourne yang dipenuhi oleh gedung pencakar langit. Meski tidak kotor, namun Sungai Yarra yang ada di kawasan pedesaan, yaitu di bagian utara dan timur kota, diyakini memliki air yang lebih jernih dengan pengendapan lumpur yang tidak terlalu tebal.

Sungai Kenai, Alaska

foto: roughguides.com
Ini merupakan sungai gletser yang menakjubkan. Air sungai Kenai berasal dari lelehan es yang ada di Alaska bagian selatan. Sungai ini menjadi surga bagi nelayan, pasalnya di sungai ini menjadi habitat bagi ikan salmon besar yang dagingnya kaya akan protein. Para nelayan Sungai Kenai mempunyai tradisi menangkap ikan di bulan September, mengingat September merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan ikan salmon besar berwarna perak, meski ikan salmon di sungai ini sebenarnya berlimpah di setiap tahun.

Sungai Amazon

foto: roughguides.com
Sungai yang mengalir di sebagian besar wilayah Amerika Selatan ini merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Melintasi berbagai negara, yaitu Brazil, Kolombia, dan Peru, dengan panjang mencapai 240 km, Sungai Amazon dijuluki oleh masyarakat luas sebagai “The River Sea”. Yang menakjubkan dari Amazon adalah, sungai ini menjadi habitat bagi ikan piranha karninora jahat yang diketahui menyerang manusia.

Sungai Colorado, USA

foto: roughguides.com
Gersangnya gurun Arizona menjadi pemandangan indah saat diiris Sungai Colorado yang megah. Dinding-dinding ngarai yang berwarna merah, suara air terjun yang menggema di antara ngarai, membentuk pemandangan yang menakjubkan di Sungai Colorado.

Sungai Thames, Inggris

foto: instructables.com
Sungai iterpanjang kedua di Inggris ini airnya melintasi ibukota Inggris, London. Tak hanya itu, sungai ini juga melewati kota-kota kecil, seperti Oxford, henley, dan Windsor. Lebih dari sekadar tempat penampungan yang menyediakan pasokan air bersih nagi sebagian bear masyarakat Inggris Selatan, Sungai Thames juga menjadi salah satu titik fokus rekreasi bagi warga, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti perahu dayung hingga bianglala. (Ibo)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini