Sukses

Tidur dengan Makeup? Ini Dampaknya

Biasakan bersihkan make-up Anda sebelum tidur jika tidak ingin mengalami hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak jarang wanita yang selalu saja tidak membersihkan makeup-nya terlebih dahulu sebelum tidur. Mungkin jumlahnya mencapai 6 dari 10 wanita yang ada di dunia. Banyak alasan yang menyebabkan mereka tidak membersihkan makeup mereka sebelum tidur. Faktanya, membersihkan dan menghapus makeup bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilakukan, menyita waktu dan kesabaran untuk membersihkan makeup secara keseluruhan.

Beberapa dari Anda mungkin salah satunya. Merasa lelah setelah beraktivitas seharian dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak membersihkan makeup. Tapi tahukah Anda bahwa makeup yang menempel pada wajah saat tidur bisa berdampak buruk untuk wajah Anda? Berikut ini dilansir dari Dailymakeover, Jumat (7/8/2015) yang terjadi pada wajah Anda saat tidur dengan makeup yang masih menempel.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan jari untuk mengaplikasikan foundation secara perlahan.

Foundation

Sebagai alas makeup, foundation bisa dikatakan sebagai penumpukan dari bermacam produk. Mulai dari pelembab, concealer, foundation itu sendiri dan juga bedak. Segala macam debu, kotoran dan bakteri dari lingkungan akan menempel langsung pada tumpukan produk ini. Bisa Anda bayangkan? Bukan hanya menghambat proses pergantian kulit, tapi hal ini juga dapat merusak kolagen pada kulit Anda yang menimbulkan keriput dan menyumbat pori pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Makeup base primer

Primer

Untuk primer sendiri sebenarnya tidak memiliki potensi untuk merusak kulit Anda, tapi semuanya itu kembali lagi pada bagaimana cara Anda mengaplikasikan primer ini. Sama hal nya dengan foundation, jika primer ini menempel pada wajah Anda mulai dari pagi hingga malam, ia dapat menimbulkan efek buruk bagi wajah Anda. Primer ini akan baik saja untuk kulit jika produk digunakan memang untuk melembutkan dan melembabkan kulit.

Lips

Lipstick

Tidur dengan lipstick yang menempel dapat membuat bibir Anda kering dan pecah-pecah. Dan jika Anda salah satu yang selalu menghapus membersihkan lipstick sebelum tidur, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Serta jangan lupa untuk kembali mengaplikasikan lipbalm pada bibir Anda untuk mengembalikan kelembaban pada bibir.

workout makeup

Mascara

Kandungan partikel yang ada dalam mascara dapat menyumbat kulit pada kelopak mata. Parahnya lagi, bukan hanya menyumbat, tapi juga dapat menyebabkan iritasi. Pembengkakan akibat iritasi dapat mengakibatkan blepharitis dan semakin lama mascara ini menempel, bakteri yang ada akan menyebabkan konjungtivitis. Jika bagi Anda hal tersebut tidak penting, ini dia dampak lainnya, tidur dengan mascara dapat menyebabkan bulu mata Anda mudah patah dan rontok. (Ern/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini