Sukses

Ini Gua Batu Kapur dengan Warna-warna Pelangi

Gua ini sudah ada sejak Dinasti Tang.

Liputan6.com, Guilin, China Gua paling berwarna ini terletak di 241 meter di bawah permukaan tanah.

Fotografer Amerika, Scott Graham (53), yang menemukan Gua Reed Flute di Provinsi Guilin, Tiongkok, berhasil menangkap kilap cahaya biru dingin, merah berapi, dan hijau terang yang berpadu di setiap sisi gua, membuatnya seakan dipaparkan langsung cahaya pelangi.

foto: Scott Graham (mirror.co.uk)

Seorang pemandu turislah yang menyarankan Graham untuk tidak meninggalkan Tiongkok sebelum mengunjungi gua tersebut, seperti dilansir mirror.co.uk, Senin (15/6/2015). Graham mengaku tidak menyesal.

foto: Scott Graham (mirror.co.uk)

Gua itu memiliki atap tinggi dengan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Lampu-lampu yang dipasang sungguh mampu memperlihatkan detail dari gua dengan efek magis. Ditambah dengan danau bawah tanah yang tenang dan memantulkan refleksi pemandangan.

foto: Scott Graham (mirror.co.uk)

Gua batu kapur ini sudah menarik perhatian pengunjung selama 1200 tahun, dan coretan-coretan di dindingnya terdata kembali ke Dinasti Tang di tahun 792 Sebelum Masehi.

foto: Scott Graham (mirror.co.uk)

Nama Reed Flute diambil dari jenis alang-alang yang tumbuh di dekat pintu masuk, di mana jenis tumbuhan ini bisa dijadikan suling.

Dalam mengambil gambar, pengunjung tidak dibolehkan membawa tripod ke dalam gua, namun Graham menyelundupkannya. (Ikr/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.