Sukses

Dihargai Rp 13 Juta, Keju Susu Keledai Jadi Keju Termahal

Ternyata keju termahal tidak berasal dari susu sapi atau kambing, melainkan dari susu keledai.

Liputan6.com, Jakarta Percaya atau tidak, keju termahal di dunia ternyata tidak terbuat dari susu sapi atau kambing, tetapi dari susu keledai. Dibuat di peternakan Zasavica Special Nature Preserve, Serbia, `Pule Cheese` dibuat dari susu keledai Balkan, dan dibanderol seharga Rp 13,4 juta per pound.

Keledai tidak menghasilkan banyak susu merupakan alasan mengapa harga keju ini menjadi begitu sangat fantastis. Susu biasanya diperah hanya sebanyak tiga kali dalam sehari. Alhasil, dibutuhkan 15 keledai untuk memenuhi satu galon susu karena satu pound keju membutuhkan 3.5 galon susu.

Ternyata keju termahal bukan berasal dari susu sapi atau kambing, melainkan dari susu keledai.

Mengingat proses pembuatannya yang sulit, peternakan Zasavica Special Nature Preserve hanya mampu menghasilkan 200 pound `Pule Cheese` tiap tahunnya, seperti yang dikutip dari laman OddityCentral, Sabtu (6/6/2015).

Popularitas `Pule Cheese` pun kian melonjak pada 2012 seiring dengan kemenangan yang diraih petenis Serbia, Novak Djokovic. Meski begitu mahal, jika beruntung, Anda bisa mendapatkan diskon dan bisa membeli keju termahal ini hanya dengan harga Rp 7,7 juta. (Auf/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.