Sukses

Tempescope, Perabot Rumah untuk Meramal Cuaca

Dekorasi ruangan multi-fungsi, bisa sebagai peramal cuaca.

Liputan6.com, Tokyo Kotak kecil yang disebut tempescope ini punya 2 fungsi. Yang pertama, sebagai dekorasi ruangan rumah dan yang ke dua, sebagai alat ramalan cuaca. Penciptanya, Ken Kawamoto, merupakan insinyur perangkat lunak sehari-harinya.

Kawamoto memiliki visi “mendobrak pembatas antara dunia digital dan dunia nyata”, dimana ia berhasil mewujudkannya lewat tempescope. Seperti dilansir dari Boredpanda.com pada Rabu (4/6/2015), alat berbentuk kotak kecil ini bisa menciptakan tetesan air hujan dan awan, bahkan membuat simulasi petir dan cahaya matahari, yang merupakan tiruan cuaca hari itu di dunia nyata.

Hanya saja, alat ini belum bisa membuat simulasi salju. Terhubung dengan ramalan cuaca internet dan program cuaca, Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengetahui seperti apa cuaca sekarang.

Kawamoto merilis skema alat ini di wadah open source. Artinya, siapapun yang mengerti teknik di pemaparannya bisa membuat alat ini sendiri. (ikr/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.