Sukses

Ini Penyebab Munculnya Ketombe

Sebenarnya apa hal yang menyebabkan munculnya ketombe?

Liputan6.com, Jakarta Ketakutan melanda ketika mengenakan pakaian berwarna gelap. Ketidaknyamanan saat menggoyangkan atau mengibaskan rambut pun menyerang. Itulah masalah yang kerap ditemui saat muncul ketombe.

Tahap awal sebagai upaya menghilangkan atau meminimalisasi dan mengontrol kemunculan ketombe dilakukan dengan mencari sampo yang cocok. Namun penyebabnya tidak sesederhana itu. Perlu pengamatan lebih lanjut untuk mengetahuo mengapa ketombe bisa muncul di kulit kepala.

Berikut berbagai penyebab munculnya ketombe seperti yang dilansir dari laman Boldksy, Rabu (27/5/2015): (auf)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Munculnya Ketombe 1-3

1. Tidak Menjaga Kebersihan

Jika tidak membersihkan rambut, terutama kulit kepala secara rutin, maka kandungan minyak akan terakumulasi dan menyebabkan munculnya ketombe.

2. Usia

Ketombe juga bisa disebabkan oleh hal-hal umum yang tak disadari. Salah satunya, usia. Seperti contoh, meningkatkanya minyak sebagai bagian perubahan yang terjadi saat remaja.

3. Minyak kulit Kepala

Jika kulit kepala sering berminyak, potensi jamur berkembang biak pada area tersebut pun akan meningkat sehingga muncullah ketombe.

3 dari 3 halaman

Penyebab Munculnya Ketombe 4-7

4. Kurang Vitamin

Apakah penyebab ketombe? Kekurangan Vitamin B dan Zinc dalam tubuh bisa jadi salah satu penyebabnya.

5. Jamur

Kulit kepala berminyak, terkena iritasi, dan terinfeksi jamut bisa menyebabkan munculnya ketombe.

6. Produk Rambut

Sampo atau produk perawatan rambut lain bisa saja tidak cocok bagi kulit kepala. Jika benar, kulit pun akan mengeluarkan ketombe sebagai bentuk reaksi.

7. Stres dan Gangguan Kesehatan

Apakah Anda mengetahui fakta bahwa stres bisa memunculkan ketombe? Selain stres, beberapa gangguan kesehatan lainnya terjadi juga memiliki peran yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.