Sukses

Festival Cisadane, Hadirkan Parade Liong dan Barongsai

Liong dan barongsai semarakkan Festival Cisadane 2015.

Liputan6.com, Tangerang-

Ada Liong dan Barongsai di atas Sungai Cisadane. Tak hanya itu, sekitar 117 Perahu Naga, Perahu Cacing, dan milik nelayan lokal, berjejer rapih mengenakan kostum adat Nasional, dalam Festival Cisadane, Sabtu (23/5/2015).

Parade perahu yang membuka festival tahunan itu, dibuka dengan atraksi dari enam unit jet ski yang membelah Sungai Cisadane. Di belakangnya turut antri beraktraksi Perahu Naga yang dikendarai pemain Liong dan Barongsai, Perahu cacing yang dikendarai nelayan yang berdandan mengenakan pakaian adat Tangerang, Betawi, Makasar, dan adat nasional lainnya.

Bahkan ada salah satu perahu yang memasang petasan sebagai awal dibukanya Festival Cisadane di Jalan Kali Pasir, Kota Tangerang. Diungkapkan Walikota Arief R.Wismansyah, tak hanya parade perahu saja yang ditampilkan dalam festival kali ini, melainkan parade budaya lainnya.

"Kegiatan ini kan nonstop seminggu atau sampai tanggal 30 Mei mendatang, jadi setiap harinya banyak kegiatan budaya menarik. Seperti lomba nari Lenggang Cisadane, pertunjukan Liong dan Barongsai, dan berbagai pertunjukan lain," jelas Arief.

Tak hanya disuguhkan pertunjukan saja, penyajian kuliner juga dilakukan secara unik. Seperti belasan food truck, menu makanan tradisional khas Tangerang, dan juga menu lainnya. Ada juga stand bazaar dengan harga murah juga berjejer di sepanjang bantaran Sungai Cisadane.

Arief mengaku sengaja mengadakan festival tahunan ini untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di wilayahnya. "Sehingga siapapun yang datang, bisa langsung akrab untuk menyapa dan menjadikan Kota Tangerang sebagai destinasi wisatanya," ujarnya. (Naomi Trisna/ret)

Foto: Andrian Martinus Tunay 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.