Sukses

5 Langkah Bijak Mengatur Keuangan Sebelum Pensiun

Berikut ini adalah 5 langkah sukses yang dapat menjadikan panduan dalam merencanakan pensiun nyaman Anda

Liputan6.com, Jakarta Meraih kesuksesan adalah dambaan setiap orang, baik itu sukses dalam hal karir maupun dalam kehidupan berumah tangga. Karena tak selamanya Anda berkarir di sebuah perusahaan, apakah sudah menyiapkan segala sesuatu ketika masa pensiun tiba?

Berikut ini adalah 5 langkah bijak yang dapat menjadikan panduan dalam merencanakan pensiun nyaman Anda:

1. Tentukan tujuan dan keadaan finansial Anda.

- Tanya diri Anda: Usia berapa Anda ingin pensiun? Bagaimana Anda ingin menghabiskan masa pensiun Anda?
- Hitung penerimaan bersih Anda dengan menambahkan seluruh asset dan kurangi dengan semua kewajiban dan tunggakan hutang Anda.

Anda akan mengetahui berapa dana yang Anda punya, berapa banyak yang Anda butuhkan, serta investasi yang harus Anda miliki agar pensiun impian Anda tercapai.

2. Disiplin dalam menabung

- Awasi pengeluaran Anda dengan ketat. Tabunglah dahulu pendapatan Anda setidaknya 20 persen dari total pemasukan, sebelum melakukan pengeluaran lainnya.

- Menabunglah sejak dini, maka Anda akan mendapatkan bunga bank yang berlipat ganda. Anda bisa menghitung berapa dana yang Anda harus tabung setiap bulan di retirement analysis calculator. Caranya, Anda dapat mengunjungi financial planning dengan klik di sini.

3. Berinvestasi secara bijak, teratur dan sejak dini

- Bangunlah portfolio yang terdiverifikasi dengan baik, yang meliputi reksadana (saham) sebagai penggerak dalam investasi jangka panjang untuk melawan inflasi selama 50 tahun masa pensiun Anda.

- Berinvestasilahsejakdinidansecarateraturuntukmenikmatikeuntungandaribungamajemuk bank dan dollar-cost averaging.

4. Kesehatan

- Mulailah menjalani pola hidup sehat sejak sekarang dengan makanan bernutrisi tinggi, kebiasaan tidak merokok, olahraga teratur dan cek kesehatan secara rutin.

- Temukanasuransikesehatan yang sesuaidengandanapensiunAnda, karenabiatakesehatandapatjadimengurashabisuangpensiunAndakelak.

5. Angka mujarab ketika Anda pensiun

Angka yang mujarab ketika Anda pensiun adalah angka 4. Yaitu, Anda hanya boleh mengambil empat atau lima persen dari portfolio pensiun Anda setiap tahunnya, dan angka ini hanya boleh meningkat per tahun setelah disesuaikan dengan tingkat inflasi.

(Adv/GR)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini