Sukses

Abura Soba, Konsep Mie Jepang Yang Baru dan Pertama di Indonesia

Kini terdapat variasi mie jepang terbaru selain ramen, di Abura Soba Yamatoten.

Liputan6.com, Jakarta Makanan Jepang kini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Besarnya animo masyarakat terhadap masakan ini, membuat bisnis restoran Jepang menjadi hal yang populer. Ian Hendarto, pebisnis kuliner yang memulai usahanya dengan mengangkat Italian dessert, kini melebarkan sayapnya ke kuliner Jepang. Berbeda dengan konsep restoran Jepang lainnya, yang mempunyai ciri khas ramen sebagai menu andalan, restoran ini menawarkan Abura Soba, yaitu mie Jepang tanpa kuah kaldu ramen, namun digantikan dengan vinegar dan chili oil.



Abura Soba merupakan makanan asli Jepang yang mulai dikembangkan di Jepang pada pertengahan tahun 2011. Berbeda dengan ramen yang keberadaannya sudah ratusan tahun, Abura Soba masih tergolong baru. Sejarahnya, Abura soba tercipta dari inisiatif karyawan kedai ramen di Jepang. Pada saat itu harga ramen sangat mahal karena kuah kaldunya yang harus dibuat dua kali 24 jam. Mereka hanya diperbolehkan untuk memakan mienya saja. Karena kondisi itu, muncul inisiatif untuk meracik mie jepang tanpa kuah kaldu dan sup. Ternyata, cita rasa yang dihasilkan variasi mie ini lezat dan segar. Setelah dilakukan survey pada mahasiswa dan karyawan, respon yang diberikan pun sangat baik. Saat itulah Abura Soba mulai dikenal dan dikembangkan di Jepang oleh Restoran Yamatoten.

Ian Hendarto, Owner Abura Soba Yamatoten Indonesia (kanan)

Cita rasa yang diberikan mie Jepang tanpa sup ini sesuai dengan lidah Indonesia. Hal ini membuat Ian Hendarto berinisiatif membuka restoran franchise dari Yamatoten di Indonesia setelah mencoba sendiri Abura Soba berulang kali di Jepang. Akhirnya, Abura Soba Yamatoten Indonesia diluncurkan pada bulan Maret tahun ini. Restoran yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk ini mengusung konsep otentik dan merupakan restoran Abura Soba pertama di Indonesia. Untuk proses pembuatan mienya, Ian sendiri mendapat training dari chef di Jepang, karena tekstur mie dari Abura Soba ini lebih kenyal dan dan lebih tipis harus disesuaikan dengan tekstur aslinya di Jepang.

"Saya mendapatkan training selama satu bulan di Jepang untuk mendapatkan mie yang otentik seperti aslinya. Kemudian di Indonesia, saya juga mendapat training lanjutan langsung dari Chef Yamatoten Jepang," ujarnya saat ditemui di Restoran Yamatoten, Jumat (8/5/2015).



Menu utama yang diperkenalkan ada empat, yaitu Abura Soba Original, Jya-Jya Abura Soba, Karami Antama Abura Soba, dan Shio Sudachi Abura Soba. Semuanya dibuat dengan variasi rasa yang berbeda-beda namun tetap lezat dan segar. Vinegar dan chilli oil-nya membuat sajian ini lebih gurih dan fresh. Restoran ini juga didesain dengan nuansa Jepang sehingga membuat Anda nyaman menyantap makanan Anda.



Ian hendarto juga mengungkapkan harapannya terhadap makanan Jepang dengan konsep baru ini agar semakin dikenal di Indonesia seperti halnya ramen. "Mudah-mudahan konsep yang baru ini menambah kegairahan penggemar makanan Jepang. Jepang sendiri memang terkenal karena makanan sehatnya dan kebersihannya. Dengan konsep ini, saya ingin ini membuat masyarakat lebih tertarik. Tidak menutup kemungkinan jika makanan ini akan disukai seperti halnya ramen," ujarnya. Jika Anda penasaran, cobalah konsep mie Jepang yang baru sekaligus pertama di Indonesia ini. (mit/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini