Sukses

Merasa Bau Kaki? Hilangkan Dengan Cara Ini

Lakukan cara berikut jika ingin menghilangkan bau kaki yang mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki mungkin adalah hal buruk yang dialami banyak orang. Bahkan, beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi dan mengontrol bau kaki tetap memunculkan bau tak sedap tersebut. Pada situasi tertentu, Anda malah tidak ingin membuka sepatu.

Sebenarnya, bau kaki muncul karena bercampurnya keringkat dan bakteri pada kulit kaki. Pilihan sepatu yang lebih tertutup bisa semakin memicu munculnya hal tersebut. Oleh karena itu, coba gunakan kaus kaki.

Tidak mengenakan kaus kaki pada sepatu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan kelembaban kaki yang tidak diserap sempurna, mengutip dari laman Boldsky, Senin (11/5/2015).

Memakai kaus kaki selama berjam-jam atau tidak diganti selama berhari-hari juga bisa menjadi penyebab bau kaki. Hindari juga kaus kaki berbahan nilon.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghilangkan bau kaki yang sungguh mengganggu tersebut? Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki

1. Perhatikan kebersihan

Sangat penting memperhatikan kebersihan kaki karena asal bau kaki adalah dari bakteri. Cuci kaki setelah selesai bekerja atau menggunakan sepatu, juga cuci dan keringkan kaki sebelum tidur.

2. Kaus kaki berbahan katun

Pemilihan kaus kaki sangat penting. Gunakan kaus kaki berbahan katun karena katun bisa menyerap keringat dan memperlambat pertumbuhan bakteri.

3. Pemilihan bantalan sepatu

Pilihlah bantalan sepatu yang terbuat dari arang atau bahan lain yang mampu menyerap keringat di kaki. Jangan menggunakan spons yang tidak menyerap.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki

4. Bersihkan sepatu

Jika ingin membersihkan sepatu, pastikan sepatu dijemur saat sinar matahari cukup terik. Hal tersebut dapat membantu membunuh jamur dan pertumbuhan bakteri layaknya sterilisasi.

5. Hindari penggunaan sepatu kulit

Sepatu kulit akan menjebak kelembaban di dalam kaki karena tidak ada ventilasi di dalam sepatu. Pilih sepatu dengan ventilasi yang baik sehingga bakteri dan keringat dapat berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini