Sukses

5 Tips Atasi Rambut Kering

Bingung bagaimana cara mengatasi rambut kering? Berikut tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta Rambut kering atau rapuh bukanlah jenis rambut, tetapi kondisi rambut yang harus diobati. Banyak penyebab yang membuat rambut sehat menjadi rambut kering. Cuaca hingga perawatan yang sedang dilakukan bisa menjadi salah satu penyebab.

Cuaca maupun perubahan yang esktrim, seperti kondisi terlalu dingin atau panas membuat rambut menjadi kering. Perawatan rambut demi mempercepat pertumbuhn rambut kerap justru menjadi penyebab rambut menjadi kering. Bergonta-ganti sampo juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika semua itu sudah dapat dihindari dan kondisi rambut tetap kering, mungkin penyebabnya adalah perubahan normal pada tubuh, seperti mengkonsumsi pil KB, hamil, atau menopause, mengutip dari laman Boldsky, Rabu (22/4/2015).

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghalau kehadiran rambut kering yang menjengkelkan tersebut: (auf/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Rambut Kering 1-2

Pengeringan

Hati-hati saat mengeringkan rambut. Sebab, selain menyebabkan rambut mengering, proses yang dilakukan juga bisa menyebabkan rambut bercabang. Jadi, gunakan handuk yang amat halus untuk mengeringkan rambut dan tidak menggosoknya saat basah.

Keramas

Perhatikan suhu air yang digunakan saat keramas. Air panas atau hangat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut karena dapat menghilangkan minyak alami rambut. Selain itu, keramas setiap hari juga memiliki dampak yang sama.

Menyisir

Gunakan sisir yang bergigi lebar saat menyisir di rambut yang agak basah. Rambut kering rentan akan kerusakan sehingga rambut Anda kusut. Sisirlah dari ujung rambut, baru ke akar.

3 dari 3 halaman

Tips Atasi Rambut Kering 3-5

Perawatan rambut

Sering meluruskan, mengeriting, atau mewarnai rambut? Jika Anda mempunyai rambut kering, hentikan dengan segera perawatan rambut seperti itu. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan semakin memperburuk kondisi rambut Anda.

Penataan rambut

Tak hanya meluruskan, mengeriting, atau mewarnai rambut saja yang memiliki dampak buruk pada rambut. Mengepang, menguncir, sasak rambut, membuat rambut gimbal, dan berbagai penataan rambut lainnya akan semakin membuat rambut menjadi kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini