Sukses

5 Batu yang Populer Dipakai Orang Indonesia

Berikut nama 5 batu yang namanya sudah menIndonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang sejarah peradaban, manusia memiliki beragam cara untuk memperindah dirinya, mulai dari melakukan berbagai perawatan tubuh hingga membuat bermacam-macam hal untuk dikenakan. Bahan dasar dari segala sesuatu itu sudah tersedia di alam.

Salah satu benda alam yang digunakan oleh manusia untuk memperindah dirinya adalah batu-batu. Selain untuk memperindah diri, batu-batu ini juga dipakai untuk alasan-alasan lain, mulai dari alasan mistis hingga wibawa.

Perlu waktu yang sangat lama untuk sebuah batu terbentuk. Agar dapat dijadikan perhiasan, batu-batu itu perlu dibentuk terlebih dahulu. Harga jual dari batu-batu kristal itu bergantung pada beberapa hal, seperti kelangkaan, kejernihan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah 5 jenis batu yang namanya sudah meng-Indonesia seperti ditulis Rabu (15/4/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Batu Akik

Batu Akik

Batu Akik adalah jenis batu Agate. Nama Agate diberikan oleh filsuf Yunani Kuno, Theophrastus. Ia menemukan Agate di sepanjang sungai Achates, Sisilia, Italia. Kini sungai itu lebih dikenal dengan nama Dirillo.

Jenis batu Agate ini merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Quartz merupakan salah satu kelompok batu yang jumlahnya paling banyak di bumi. Batu Akik bisa ditemui di daerah Turki dan Iran. Di Indonesia sendiri, batu akik memiliki jenis-jenis yang dinamakan berdasarkan daerah.

Beberapa macam batu akik itu adalah:

- Batu Garut yang berasal dari Jawa Barat

- Batu Bacan yang berasal dari Maluku Utara

- Batu Sungai Dareh yang berasal Pulau Punjung, kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Meski memiliki nama Bacan, batu Bacan sesungguhnya tidak berasal dari pulau Bacan. Dilansir dari situs resmi Wonderful Indonesia, Selasa (23/9/2014), batu Bacan sesungguhnya berasal dari pulau Kasiruta yang terletak di sebelah barat pulau Bacan. Nama Bacan diberikan pada batu itu karena di pulau Bacan lah batu itu pertama kali diperdagangkan.

3 dari 6 halaman

Batu Kecubung

Batu Kecubung

Sama seperti batu Agate, Batu Kecubung atau Amethyst juga merupakan bagian dari keluarga batu Quartz. Batu kecubung ini berwarna ungu. Beberapa negara di dunia yang terkenal dengan batu Kecubungnya adalah Srilanka dan Brazil.

4 dari 6 halaman

Batu Zamrud

Batu Zamrud

Zamrud adalah nama lain dari Emerald yang merupakan bagian dari keluarga batu Beryl. Warna batu Zamrud ini adalah hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM. Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Batu Giok

Batu Giok

Batu Giok atau Nephrite Jade merupakan batu yang sudah sangat lama digunakan oleh manusia, yakni sejak zaman pra sejarah. Pada kebudayaan Tiongkok, batu giok digunakan dalam upacara-upacara adat. Selain di Tiongkok, daerah-daerah lain di mana batu giok menjadi bagian budayanya adalah Korea, India, Myanmar, dan meso-Amerika.

6 dari 6 halaman

Batu Intan

Batu Intan

Batu Intan atau diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak kaum hawa. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik. Intan yang terkait konflik dan masalah pendanaan organisasi politik tertentu serta kekerasan disebut dengan istilah Blood Diamond.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.