Sukses

Fakta Dibalik Kelezatan Kimchi dan Yogurt

Manfaat dari Makanan Fermentasi

Liputan6.com, Jakarta Makanan fermentasi mendapat perhatian lebih di hati peminat kuliner saat ini. Kimchi, salah satu makanan fermentasi asal korea, menjadi salah satu jenis makanan fermentasi yang mulai digemari. Selain rasanya yang gurih, makanan fermentasi sayuran ini juga mengandung bakteri baik yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kimchi juga bisa disimpan lebih lama dibanding makanan yang lain.

Selain kimchi, makanan fermentasi lainnya yang juga digemari saat ini adalah yogurt. Yogurt dapat diolah menjadi berbagai bentuk minuman dan makanan, seperti eskrim, roti dan lainnya. makanan ini menjadi makanan favorit mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dilansir dari telegraph.co.uk, Sabtu (11/4/2015), kandungan bakteri laktobasilus yang terdapat didalam makanan fermentasi dapat membantu proses pencernaan manusia. Pada saat sayuran ataupun susu difermentasikan, bakteri mulai memakan sayuran dan susu tersebut. Di saat itulah pH dari makanan ini berkurang dan asam laktat bertambah. Bakteri jahat tidak mampu bertahan di dalamnya, sehingga yang tersisa hanyalah asam laktat, kandungan makanan dan juga bakteri baik. Beruntunglah Anda yang menyukai makanan fermentasi. (mit/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.