Sukses

Mengintip Keindahan Bangunan Berbentuk Teratai di Tiongkok

Bangunan ini berbetuk seperti bunga teratai di atas permukaan danau.

Liputan6.com, Tiongkok Mendengar kata teratai tentunya yang ada dipikiran Anda adalah sebuah bunga indah yang hidup di permukaan air di danau. Bunga ini memiliki keindahan yang luar biasa dan seringkali membuat danau menjadi tampak berwarna dan hidup.

Bayangkan, bagaimana jika terdapat sebuah bangunan berbentuk teratai raksasa yang diletakkan di atas danau seperti bunga teratai pada umumnya? Sungguh akan menjadi bangunan yang unik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Di Wujin, Tiongkok terdapat sebuah bangunan berbentuk teratai yang dibangun oleh Arsitektur Australia Perusahaan Studio 505. Bangunan ini memiliki desain seperti bunga teratai yang sedang mekar sesuai seperti namanya "The Lotus Building". Terdapat tiga bangunan yang menunjukkan proses berkembangnya bunga teratai mulai dari kuncup muda baru, bunga matang penuh, hingga mekar dengan biji di dalamnya.

The Lotus Building merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai dan memiliki fasilitas kota di bawah tanah yaitu di bawah danau buatan. Rumah ini merupakan bagian dari biro perencanaan yang memiliki fasilitas untuk ruang pameran, ruang pertemuan, dan pusat konferensi. (Mtp/Liz)

Desain bangunan ini mengkombinasikan beberapa warna cerah sehingga menciptakan suasana interior yang cerah dan bersemangat. Pada bagian kelopak luar dipenuhi dengan warna-warni yang menyerupai tampilan bunga teratai aslinya.
Selain itu, bangunan ini juga dirancang untuk meminimalkan penggunaan energi melalui dasar danau buatan. Massa air danau dan tanah di bawahnya digunakan untuk pra-dingin selama musim panas dan pra-hangat selama musim dingin. Sistem pendinginan udara pada bangunan ini terletak di bawah danau.

Sejak tahun 2013, The Lotus Centre dan People's Park telah menjadi salah satu tempat yang populer di Wujin. Anda tidak akan bisa mengingkari keindahan bangunan ini di malam hari. Pancaran warnanya yang cerah tampak menghiasi danau dan membuatnya tampak sangat indah sebagai bunga teratai raksasa di atas air seperti yang dilansir dari laman Amusingplanet, Kamis (12/3/2015).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.