Sukses

Komunitas Batu Mulia Bengkulu Gelar Kontes Batu Akik

Ribuan batu akik dari berbagai penjuru Indonesia akan ikut dalam kontes batu akik di Bengkulu.

Liputan6.com, Bengkulu Tidak kurang dari 1.000 batu akik akan ikut dalam kontes yang digelar di Bengkulu Indah Mall tanggal 26 hingga 29 Maret mendatang. Kontes yang digelar oleh komunitas Batu Mulia Bengkulu itu akan dibagi menjadi 19 kategori, berdasarkan jenis batu, keunikan warna, motif atau gambar dan corak warna yang melekat pada batu.

Ketua panitia pelaksana kontes, Bintoro Safri mengatakan, para peserta kontes yang sudah melakukan konfirmasi dan hadir sebagai peserta datang dari Jakarta, Surabaya, Kalimantan, Maluku dan hampir seluruh provinsi di pulau Sumatra.

"Bengkulu sebagai penghasil bahan batu akik dan batu mulia berkualitas akan menjadi sorotan para pecinta seni dan karya batu akik dari penjuru Indonesia," ujar Bintoro di Bengkulu (3/3/2015).

Beberapa jenis batu lokal seperti Red, White dan Yellow Rafflesia yang masuk dalam jenis batuan Calcedony akan bertanding dalam kelas khusus.

Panitia juga akan menggelar kontes menggosok batu akik secara masal. Peserta diperkirakan tidak kurang dari 500 orang yang akan mengadu keterampilan mengasah dan membentuk batu seindah mungkin dengan waktu yang dibatasi.

"Kita akan daftarkan kepada pihak Museum Rekor Indonesia atau MURI untuk kontes asah batu masal ini. Sebab baru pertama kali digelar di Indonesia," lanjut Bintoro.

Juri kontes didatangkan dari Jakarta yang bergabung dalam lembaga Indonesia Games Stone (IGS), dijamin tidak ada intervensi dari panitia untuk proses penilaian para juri dan hasilnya. (Yuliardi Hardjo Putra/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini