Sukses

Bagaimana Bisa Wanita Ini Hidup Tanpa Uang Selama 15 Tahun?

Wanita ini hidup tanpa uang selama 15 tahun dan hal ini membuatnya merasa senang.

Liputan6.com, Jerman Membayangkan hidup tanpa uang mungkin akan terdengar sulit bahkan tidak mungkin untuk dijalani. Semua kebutuhan untuk memenuhi kehidupan ini tentunya membutuhkan uang terutama pada zaman sekarang ini. Namun, seorang wanita berusia 69 tahun mampu menjalani hidup tanpa uang selama 15 tahun.

Dilansir dari Trueactivist, Sabtu (28/02/2015) wanita berkebangsaan Jerman, Heidemarie Schwermer merasa dirinya lebih bahagia sejak meninggalkan uang dalam kehidupannya. Ia meninggalkan pernikahannya pada 22 tahun yang lalu dan pindah ke kota Dortmund dengan kedua anaknya. Ia menyadari bahwa terdapat tunawisma di kota dengan jumlah populasi yang cukup besar. Menurutnya para tunawisma tidak membutuhkan uang karena mereka akan lebih memberdayakan diri mereka agar lebih berguna di masyarakat. Kondisi ini mendorongnya untuk membuka sebuah toko Tauschring yang disebut "Gib und Nimm" (memberi dan menerima).

Toko ini menggunakan konsep barter dimana barang yang mereka ciptakan dapat ditukar dengan barang yang mereka butuhkan tanpa melibatkan uang sepeserpun. Seperti halnya pakaian bekas yang ditukar dengan peralatan dapur, atau alat rumah tangga lainnya.

Tanpa disadari, toko kecil ini justru memancing semangat banyak pengangguran dan pensiunan untuk menciptakan suatu keterampilan yang bisa diperjual belikan. Mereka juga menukar barang-barang lama dengan barang yang menjadi kebutuhannya saat itu.

Heidemarie juga menerapkan konsep barter kepada dirinya. Ia berpikir untuk tidak membeli apa-apa dengan uang, not to buy anything else without first giving something away. Namun, setelah beberapa lama, Heidemarie mulai merasa tidak bahagia dengan pekerjaan ini karena sakit yang mulai ia rasakan seperti sakit punggung dan penyakit dalam jangka panjang. Ini membuatnya mencoba untuk mencari pekerjaan lain.

Schwermer mulai bekerja di dapur dan menjadi pencuci piring. Namun, ia merasa terganggu dengan orang disekitarnya karena cemoohan yang mengaitkan pendidikannya dengan pekerjaannya saat itu. 

Pada tahun 1996 Heidemarie membuat keputusan yang sangat berani untuk hidup tanpa uang. Ia menjual apartemen di Dortmund dan memutuskan untuk hidup mengembara dengan mengandalkan berdagang barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ia berencana untuk melakukan hal tersebut hanya dalam waktu 12 bulan, tetapi kenyataannya ia merasa senang dengan kehidupan seperti itu dan dan telah menjalaninya selama 15 tahun.

Kini, dalam usia 69 tahun, Schwermer telah menulis dua buku tentang pengalaman hidupnya tanpa uang dan ia tidak menerima keuntungan secara materi dan menyumbangkan uang yang diterimanya untuk membuat orang lain bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.