Sukses

3 Barang Tak Terduga Ini Bisa Jadi Penyelamat Nyawa

Kaleng tuna, bra, hingga lip balm bisa berguna sebagai barang keselamatan.

Liputan6.com, Jakarta Keselamatan, menjadi hal yang paling diperhatikan oleh manusia. Karena, apabila tidak peduli keselamatan, malah nyawa mereka akan melayang dengan mudah. Tentu, hal ini tidak berlaku bagi orang-orang yang ingin segera mengakhiri hidupnya.

Ternyata, beberapa barang bekas yang tak terpikirkan bisa diubah wujudnya menjadi barang keselamatan. Seperti contoh kaleng tuna, bra, hingga lip balm yang bisa berguna untuk membantu Anda selamat dari pemadaman listrik, api, dan banyak lagi.

`Kok bisa?` Mungkin hal ini yang akan pertama kali terlintas di benak Anda. Jika belum percaya, cobalah berkreasi dengan tiga ide berikut ini yang dilansir dari laman Reader's Digest, Senin (23/2/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaleng Tuna

1. Kaleng Tuna Jadi Lampu Darurat

Pemadaman listrik membuat Anda berada dalam kegelapan. Sialnya lagi, senter tidak menyala saat dibutuhkan. Namun, Anda tidak usah panik jika masih menyimpan kaleng tuna.

Tusuk bagian atas kaleng hingga menjadi lubang-lubang kecil dan tuangkan minyak ke dalam kaleng. Kemudian, gulung 5-13 Cm koran bekas untuk menjadi sumbu. Masukkan sumbu ke dalam lubang dan sisakan setengah bagian di luar.

Tunggu beberapa saat hingga minyak meresap ke sumbu, lalu nyalakan api. Lampu akan menyala sekiranya selama dua jam.

3 dari 4 halaman

Bra Cup

2. Bra Cup Jadi Masker

Apabila terjadi kebakaran atau terdapat asap yang menyesakkan pernapasan, segeralah menggunakan masker. Namun, tidak punya persediaan masker? Pakai bra cup.

Cukup mengherankan memang. Namun, mangkuk bra yang berguna untuk menopang payudara, nyatanya memang mampu untuk menutup hidung dan mulut layaknya masker. Masker dari bra juga bisa diikat apabila tali masih melekat.

4 dari 4 halaman

Lip Balm

3. Tabung Lip Balm Jadi Pemanas Ruangan

Jika Anda merasa kedinginan, coba buat sendiri pemanas ruangan. Ambil kapas dan gunakan klip kertas untuk memasukkannya ke dalam tabung lip balm yang telah di sisi lilin. Ini berguna sebagai sumbu dari alat pemanas Anda.

Setelah itu, nyalakan api dan pemanas akan menyala selama berjam-jam. Ingat, jauhkan tabung lip balm agar tidak terbakar dan pastikan yang terbakar hanya sumbu yang dibuat sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini