Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Hotel Combo ala Accor, Hemat Operasional Perusahaan

Pembukaan hotel ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square merupakan tonggak sejarah lainnya dalam strategi multi-branded combo hotel Accor.

Liputan6.com, Jakarta Menjawab kebutuhan para pelanggan akan berbagai pilihan hotel yang nyaman dan berkualitas di lokasi yang sama, namun sesuai dengan budget, operator hotel terkemuka di dunia, Accor, menerapkan multi-branded "combo-concept" di kawasan Mangga Dua Square, Jakarta.

Berlokasi di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square ini, Accor memiliki Novotel Jakarta yang sudah berdiri lebih dari 9 tahun dan Ibis Style Jakarta Mangga Dua Square yang baru diresmikan pekan lalu. Penggabungan dua hotel inilah yang dimaksud dengan konsep hotel combo.

Dengan konsep hotel combo, suatu perusahaan atau pelanggan yang mengadakan pertemuan bisnis di hotel bisa dapat leluasan mengatur ruang meeting dan penginapan untuk manajeman dan para kliennya. "Manajemen atau klien dengan level tinggi bisa di tempatkan di Novotel, sementara untuk level yang lainnya bisa di hotel Ibis Style, ujar Adi Satria, Vice Presiden Sales, Marketing & Distribution, Accor Malaysia-Indonesia, dan Singapura.

Begitu juga sebaliknya, jika perusahan memiliki budget yang terbatas, otomatis bisa menginap di Ibis Style kemudian dapat menggunakan ruang rapat dengan kapasitas besar di Novotel Jakarta yang bisa mencapai 1200 tamu.

Adi memaparkan, nantinya akan ada akses langsung dari Ibis Style ke Novotel Jakarta untuk memudahkan mobilisasi tamu. Ia menambahkan, hotel multi-branded combo bukanlah konsep yang baru. Sebelumnya, konsep ini telah diterapkan di wilayah regional lain misalnya di Sydney, Australia sejak tahun 2000, sementara di Singapura sudah terdapat 17 hotel combo.

Direktur Operasional Hotel Ekonomi Accor Indonesia dan Malaysia, Xavier, menambahkan hotel combo memberikan keuntungan ekonomis dalam hal operasional sebuah perusahaan.

"Perusahaan bisa menghemat budget, sesuai jabatannya, lebih fleksible dan ke depan akan banyak hotel yang akan dibangun Accor demi memenuhi kebutuhan pasar," ujar Xavier Cappelut, Direction of Operations - Economy Hotels Accor, Malaysia-Indonesia.

Novotel Solo dan ibis Solo serta Novotel Balikpapan dan ibis Balikpapan adalah purwarupa pertama multi-branded combo hotel concept di Indonesia, yang menggabungkan brand upper-midscale Novotel dan brand ekonomi ibis yang beroperasi dalam satu lokasi yang sama. Diikuti oleh ibis budget Semarang Tendean (160 kamar) yang dibuka tahun 2014, berdampingan dengan hotel yang sebelumnya sudah beroperasi yaitu Novotel Semarang. Belum lama ini pada bulan Januari 2015, Accor juga telah membuka multi-branded combo concept hotel di area bandara internasional Soekarno-Hatta, ibis Styles Jakarta Airport (251 kamar) dan akan segera membuka ibis Budget Jakarta Airport (186 kamar), yang akan menyediakan lebih dari 400 kamar bagi para tamu domestik dan internasional yang sedang berkunjung atau transit di Jakarta.

Hotel multi-branded lainnya yang sedang dalam tahap perencanaan termasuk penggabungan brand-brand hotel Accor di Yogyakarta, Samarinda, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Bekasi, dan Jakarta.

(Salah satu dinding hotel Ibis Style memiliki lukisan-lukisan bertema pop art, lukisan-lukisan ini bisa dibeli para pengunjung)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.