Sukses

Desa Khusus Penderita Demensia dan Alzheimer

Desa ini khusus bagi penderita Demensia dan Alzheimer yang ingin hidup normal.

Liputan6.com, Belanda Pernahkah Anda mendengar penyakit Demensia dan Alzheimer? Penyakit ini menyerang daya ingat, pikiran, dan emosi seseorang. Penderita penyakit ini daya ingatnya akan terganggu sehingga membuatnya sulit berpikir dan emosi menjadi tidak stabil.

Mengalami gangguan saat berkomunikasi juga bisa dialami oleh penderita penyakit ini. Mereka akan sulit untuk fokus dan memahami keadaan di lingkungan sekitar. Bahkan, penyakit ini juga bisa membuat seseorang menjadi lupa akan keberadaan mereka dan tidak tahu jalan pulang.

Kondisi sosial yang mungkin terganggu akan membuat penderita menjadi sulit untuk menjalani kehidupan yang normal. Di Belanda, terdapat sebuah desa tertutup di Kota Weesp yang dikhususkan untuk para penderita Demensia dan Alzheimer.

Dilansir dari Boredpanda, Minggu (15/02/2015) Desa De Hogeweyk menyediakan 23 rumah, taman, restoran, bar, theater, dan beberapa toko untuk tempat belanja. Disana juga terdapat 152 penderita Demensia dan Alzheimer yang sudah lama mengidap penyakit ini.

Di desa ini para penderita Demensia dan Alzheimer bisa merasakan hidup bebas layaknya orang normal. Mereka melakukan berbagai aktivitas seperti jalan-jalan di taman, berbelanja ke supermarket, dan berkumpul bersama kelompok penderita lainnya. Tidak ada yang mengganggu dan merasa diganggu oleh para penderita penyakit ini hanya saja terdapat beberapa pengasuh yang dapat membantu para pasien untuk melakukan aktivitasnya.

Tempat ini dirancang oleh arsitek di Molenaar&Bol&VanDillen dengan dekorasi yang menarik dan memikat mata. Interior ruangan dibuat semenarik mungkin agar rumah terasa nyaman dan tidak membosankan. Berikut beberapa gambar Desa De Hogeweyk yang tenang dengan segala isinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini