Sukses

Menengok Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Indonesia siapkan diri jadi tuan rumah Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta- Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) memilih Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pesta olahraga terbesar se-Asia ini rencananya akan dilaksanakan di tiga kota sekaligus yakni Jakarta, Bandung dan Palembang pada 19 September.

Untuk mempersiapkan Asian Games 2018, Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta mendirikan 11 hektar kompleks atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Pernyataan ini dikonfirmasi oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Istana Presiden belum lama ini.

"Kami sedang mempersiapkan 11 hektar kompleks atlet, termasuk fasilitas olahraga air. Ini akan selesai pada 2017," kata Ahok, seperti yang dilansir dari Travel.Indonesia, Kamis (15/1/2015).

Lanjutnya, kompleks akan terhubung dengan akses ke Bandara Intenasional Soekarno-Hatta, Waduk Pluit, Kota Tua, Ancol, Kemayoran, Sunter, Kelapa Gading dan Bekasi.

Persiapan lain di Jakarta berupa revitalisasi Stadion BMW di Papanggo, Jakarta Utara, yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pembukaan Asian Games 2018. Beberapa gelanggang olahraga seperti GOR Ciracas, GOR Cibubur dan GOR Senayan juga akan disempurnakan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Arie Budhiman, Asian Games 2018 bisa dikemas sebagai ajang untuk mempromosikan pariwisata Jakarta. Nantinya akan ada aktivasi pertunjukan seni dan budaya untuk para atlet, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

“Jakarta harus diwarnai festival dengan budaya sebagai kekuatannya, kita bisa mencontoh Brasil dalam menggelar Piala Dunia kemarin," ujar Arie Budhiman.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noordin menjelaskan bahwa fasilitas olahraga di Palembang siap untuk acara tersebut.

"Kami telah membuktikan bahwa dengan keberhasilan SEA Games 2011, kami siap untuk Asian Games, bahkan tidak perlu menunggu hingga tahun 2018," jelas Noordin.

Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah, optimis bahwa Indonesia akan berhasil menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games 1962, SEA Games, Asian Beach Games dan masih banyak lagi. Menurut Sheikh Ahmad, keberhasilan yang diraih tidak akan terjadi tanpa dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Vietnam yang sebelumnya dijadwalkan menyelenggarakan Asian Games pada 2019. Vietnam kemudian mengundurkan diri karena alasan finansial.

Indonesia dijadwalkan menyelenggarakan Asian Games pada 2019 namun ada permintaan khusus dari pihak Indonesia bahwa acara dilakukan pada 2018 agar tidak bersamaan dengan pemilihan presiden. Sementara itu, Surabaya sebelumnya mencalonkan diri menjadi tuan rumah tahun 2019, tetapi dikalahkan Vietnam saat pemungutan suara.

 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.