Sukses

Situs Pengadilan Yesus Ditemukan di Yerusalem

Para arkeolog menemukan situs yang menjadi salah satu peristiwa terkenal yang tercatat dalam kitab Perjanjian Baru: pengadilan Yesus.

Liputan6.com, Yerusalem Para arkeolog asal Yerusalem menemukan situs yang menjadi tempat salah satu peristiwa terkenal yang tercatat dalam kitab Perjanjian Baru: pengadilan Yesus, demikian seperti yang dilansir dari The Washington Post, Rabu (7/1/2014).

15 tahun yang lalu, Menara Meseum David rencananya akan diperluas. Saat arkeolog mulai mengeksplorasi lapisan bawah tanah pada sebuah bangunan tua dekat Museum Kota Tua Yerussalem, mereka justru menemukan tempat yang diindikasikan menjadi tempat pengadilan yesus tersebut. 

Saat ini, setelah bertahun-tahun diekskavasi dan penundaan karena kurangnya dana, situs bersejarah ini akhirnya dibuka untuk publik dalam sebuah tur museum. Sebelumnya, situs tersebut terlebih dahulu diteliti untuk diketahui kebenarannya. 

"Situs ini adalah bagian besar dalam teka-teki kuno Yerusalem sekaligus menunjukkan sejarah kota dalam cara yang unik dan jelas," kata Amit Re'em, arkeolog Yerusalem.

Selain itu, bagi umat Kristiani, penemuan situs ini tentu sangat penting. "Bagi umat kristiani yang peduli pada akurasi dan fakta sejarah, tempat ini sangat penting," kata Yisca Harani, seorang pemuka agama Kristen.

Dibukanya situs baru ini tentu saja akan lebih banyak menarik minat pengunjung museum. Untuk melayani pengunjung, pihak museum sendiri telah menambahkan beberapa fasilitas.

Pejabat museum sudah mulai menjalin kerjasama dengan pemandu wisata yang juga berpengalaman dalam sejarah agama Kristen.

"Kami akan terus mengembangkan situs ini untuk pengunjung," kata Lieber, Direktur Pendidikan Museum. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini