Sukses

Intip Perayaan Hari Ibu di 9 Negara Ini

Perayaan Hari Ibu tentu berbeda-beda tiap negara. Yuk intip perayaan Hari Ibu di 9 negara berbeda berikut ini.

Liputan6.com, Paris Hari ini, Senin (22/12/2014), semua orang di Indonesia merayakan Hari Ibu. Hal tersebut setidaknya terlihat di media sosial dengan banyaknya ucapan terimakasih untuk ibu, baik perannya dalam keluarga atau pun dalam lingkungan sosial.

Di Indonesia, perayaan Hari Ibu memiliki akar sejarah sejak tahun 1928. Pada tahun tersebut, para perempuan berkumpul dalam Kongres Perempuan Indonesia pertama dan menyatakan kebulatan tekadnya untuk memajukan kaum perempuan. 

Perayaan Hari Ibu sendiri biasanya dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling umum adalah membebaskan para ibu dari kerja-kerja domestik, yaitu kerja yang berkaitan dengan urusan rumah tangga seperti memasak dan mencuci.

Lantas, bagaimana perayaan Hari Ibu di negara lain? Berikut ini 9 cara perayaan Hari Ibu di 9 Negara berbeda yang dilansir dari Time, Senin (22/12/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dari Prancis Hingga Inggris

1. Prancis

Di Prancis, Hari Ibu atau 'Fetes des meres' ditetapkan mulai tahun 1950 setiap hari minggu ke-4 di bulan Mei. Seperti di Amerika Serikat, Hari Ibu dirayakan di Prancis dengan mengirimkan kartu ucapan dan bunga serta makan malam bersama keluarga.

2. Tiongkok

Hari Ibu di Tiongkok dirayakan setiap hari Minggu ke-2 di bulan Mei. Di Tiongkok, Hari Ibu dirayakan dengan berbagai festival dan pemberian kado.

3. Inggris

'Minggu Ibu' atau Mothering Sunday ternyata sudah dirayakan di Inggris sejak awal abad ke-16. Pada waktu itu, keluarga-keluarga di Inggris merakayan Mothering Sunday dengan pergi ke gereja. Tradisi itu mulai berubah sejak awal abad ke-20 dimana Mothering Sunday berubah menjadi sebuah tradisi menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

3 dari 4 halaman

Meksiko Sampai Jepang

4. Meksiko

Di Meksiko, Hari Ibu dirayakan dengan sangat serius. Selain dengan bunga, Hari Ibu juga dirayakan dengan pertunjukan musik, makanan dan perayaan-perayaan dan seringkali dengan lagu 'Las Mananitas' yang terkenal di sana. Dengan begitu, tidak heran kalau Hari Ibu menjadi hari tersibuk dalam setahun bagi seluruh restoran di Meksiko.

5. India

Hari Ibu merupakan fenomena yang cukup baru di India. Setiap hari minggu kedua di bulan Mei, para Ibu di India dihadiahi bunga-bunga, kartu ucapan dan berbagai hadiah oleh keluarganya.

6. Jepang

Hari Ibu di Jepang dirayakan setiap hari Minggu kedua di bulan Mei. Pada hari tersebut, orang-orang Jepang menghadiahi Ibu mereka dengan berbagai kado, terutama bunga. Sebuah survey di Jepang menemukan bahwa 87% dari 1.000 pria berencana memberikan sesuatu untuk ibunya pada Hari Ibu tahun ini.

4 dari 4 halaman

Rusia Sampai ke Thailand

7. Rusia

Di Rusia, Hari Ibu dirayakan bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Perayaan ini didedikasikan untuk menghormati perempuan dan merefleksikan tujuan dari kesetaraan gender. Pada tahun 1998, pemerintahan Rusia pasca Uni Soviet memperkenalkan Hari Ibu pada hari Minggu terakhir di bulan November, tapi kebanyakan orang Rusia tetap merayakan Hari Ibu di bulan Maret.

8. Mesir

Setiap tanggal 21 Maret, Mesir dan beberapa negara di dunia Arab lainnya merayakan Hari Ibu dengan memberikan kado dan mengadakan perayaan.

9. Thailand

Hari Ibu dirayakan di Thailand setiap tanggal 12 Agustus, bersamaan dengan hari lahir Ratu Sirikit. Berbagai upacara dan parade mewarnai peringatan Hari Ibu di Thailand dengan bunga melati sebagai ciri khasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu