Sukses

5 Cara Aman Belanja di Hari Belanja Online Nasional

Cara agar semakin aman belanja di Hari Belanja Online Nasional, Jumat (12/12/2014).

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Jumat (12/12/2014), ditetapkan sebagai Hari Belanja Online Nasional. Hal ini ditujukan untuk memajukan bisnis Online, terutama melalui situs E-commerce, di Indonesia.

Terbayang sudah berbagai diskon dan promo menarik akan betebaran di sekitar 20 bisnis online terpopuler di Indonesia yang akan ikut memeriahkannya selama 24 jam.

Selain ditujukan untuk memajukan bisnis online, kampanye ini juga ingin membuktikan bahwa belanja online itu aman.

Ingin merasa lebih aman saat belanja online? Coba 5 cara yang dilansir dari laman Iolo.com, Jumat (12/12/2014), agar Anda semakin merasa aman ketika berbelanja di Hari Belanja Online Nasional:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunakan Kartu Kredit

1. Gunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit untuk belanja online lebih aman dibanding menggunakan kartu debit. Terdapat dua alasan. Pertama, kartu kredit mempunyai batas atau limit jumlah pemakaian, sementara kartu debit tidak. Kedua, jika terjadi tuduhan penipuan, sejumlah uang yang direnggut dari kartu kredit Anda akan kembali lebih cepat dibanding dengan uang di kartu debit.

3 dari 6 halaman

Cetak dan Simpan Bukti Pemesanan

2. Cetak dan Simpan Bukti Pemesanan

Dokumentasikan dan jagalah selalu bukti pembelanjaan Anda, terutama tanda terima pembelian dan nomor konfirmasi. Minimal, simpan sampai Anda menerima produk tersebut.

4 dari 6 halaman

Gunakan Password yang Kuat

3. Gunakan Password yang Kuat

Password bisa menjadi pertahaan keamanan yang terbaik jika para hacker sudah berusaha untuk merebut akun belanja online Anda. Buatlah password yang mudah Anda ingat, tetapi orang lain susah menebaknya.

5 dari 6 halaman

Periksa Laporan Keuangan

4. Periksa Laporan Keuangan

Untuk memastikan apakah Anda terkena biaya tambahan atau menjadi korban penipuan, periksa laporan keuangan setiap bulannya. Jika melihat pengurangan yang fantastis, segera lapor ke lembaga keuangan atau bank terkait.

6 dari 6 halaman

Jangan Mudah Tertipu Diskon

5. Jangan Mudah Tertipu Diskon

Aturan atau mitos yang selalu menghantui para pembelanja online adalah berhati-hati jika harga yang ditawarkan terlalu murah. Lakukan penelitian tentang vendor E-commerce tersebut sebelum membeli. Jika perlu, tanyakan pada orang yang pernah membeli atau menghubungi via telepon terlebih dahulu. Jangan sampai Anda menerima barang yang tak sesuai dengan ekspektasi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.