Sukses

Lezatnya Ayam Taliwang H. Moerad Khas Lombok

Ayam taliwang H. Moerad jadi pilihan wisata kuliner di Lombok.

Liputan6.com, Lombok Bila Anda berkeliling Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) maka belum puas rasanya jika tidak mencicipi salah satu makanan khasnya yaitu Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang adalah ayam bakar yang dibumbu merah, keunikan dari masakan ini adalah jenis ayam yang dihidangkan harus ayam kampung yang berukuran sedang. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita intip cara pembuatannya. 

Satu-satunya anak H.Moerad yang masih hidup adalah Hj. Siti Sofiah. Di temui di warung miliknya yaitu di Rumah Makan Taliwang, H. Moerad, Pajang, Mataram. Hj. Siti Sofia menyempatkan waktunya untuk menjelaskan cara pembuatan Ayam Taliwang ini.

Pertama-tama, setelah dibersihkan, ayam terlebih dahulu dipotong menjadi dua bagian, kemudian tiap bagian ditaburi garam secukupnya dan dibakar agar garam meresap ke bagian daging.

Setelah dibakar ayam kemudian di goreng menggunakan minyak kelapa buatan sendiri."Gorengnya juga jangan terlalu mateng biar bumbunya meresap," jelas Hj Siti Sofia.

Setelah digoreng, ayam kemudian diangkat dan dikerek (dipenyet) kemudian diberikan bumbu merah yaitu cabe kecil, cabe besar, terasi, gula, garam, dan bawang putih.

"Seluruh bumbu tersebut diulek jangan terlalu halus, kalo halus tidak bisa menempel ke daging ayamnya," terang dia.

Setelah ditaburi bumbu merah, ayam kemudian dibakar lagi dan setelah cukup matang ayam taliwang kemudian diangkat dan diberikan jeruk purut. Nyam nyam nyam...Ayam taliwang kini siap disaji.

Biasanya ada beberapa pelengkap pada masakan ayam taliwang ini, seperti Sayur Lebui (Kedelai hitam), Beberok atau semacam sambal mentah yang dicampur terong dan kacang panjang.

Kemudian ada lagi pelengkapnya yaitu pelecing kangkung. Nah, pelecing kangkung ini juga salah satu masakan khas lombok, kemudian agar lebih keriuk disediakan kacang goreng dan kerupuk.

Harga satu porsi ayam Taliwang ini hanya Rp.45 ribu saja. Usaha ayam taliwang ini tersebar di beberapa tempat di lombok dan dikelola oleh Anak dan cucu H. murad sendiri.

Tempat ayam taliwang yang sangat melegenda hanya ada di daerah Pajang, sebab yang mengelola adalah Hj. Siti Sofia, anak kandung H.Murad sendiri. Sedangkan tempat lainnya dikelola oleh cucu H. Murad.

Jadi jika Anda ingin mencoba kelezatan ayam taliwang, yuk datang ke Lombok, dan rasakan lezatnya ayam taliwang ini. (Hans Bahanan/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.