Sukses

Cartensz Pyramid Papua Unjuk Gigi di Ajang Wisata Internasional

Cartensz Pyramid Papua akan diperkenalkan di World Travel Market London.

Liputan6.com, Jayapura Objek wisata pulau Papua diperkenalkan kepada 300-an lebih pelaku profesional industri wisata dari ratusan negara yang berkumpul pada World Travel Market (WTM) awal November lalu yang bertempat di London, Inggris.

Salah satu pelaku pariwisata lokal di Papua, Maximus Tipigao mengatakan paket perjalanan wisata Carstensz Pyramid juga turut dipaparkan dalam ajang tahunan tersebut.

Dirinya juga menyebutkan dalam paket wisata itu, wisatawan yang berkunjung ke Carstensz Pyramid akan disuguhkan dengan Pariwisata lokal khususnya masyarakat Moni di Kampung Ugimba yang memiliki Desa Wisata Ugimba, yang difungsikan untuk pengembangan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.

Lanjut Maximus setiap tahunnya, daerah ini selalu didatangi ratusan wisatawan asing dari berbagi negara seperti Jerman, Polandia, Perancis, Rusia, Amerika, dan Cina.

"Di dalam kampung ini, masyarakat diajak berperan aktif dalam pelestarian wisata lokal. Penghasilan masyarakatnya untuk pengembangan pariwista dan ekonomi kreatif bisa mencapai Rp 7-8 juta per orang dari setiap turis yang hadir ke daerah itu. Kegiatan masyarakat lokal biasanya menjadi guide dan membantu turis membawakan barang bawaannya," ungkapnya, Rabu (12/11/2014).

Maximus yang juga memiliki agen travel PT Adventure Carstensz mengaku dukungan Pemerintah setempat belum banyak dalam pariwisata di Papua, khususnya Cartensz. Padahal, Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan daerah.

"Alangkah baiknya jika pemerintah provinsi dan kabupaten dapat benar-benar melihat upaya masyarakat adat dalam pengembangan Pariwisata," ungkapnya.

World Travel Market merupakan event global terkemuka bagi industri pariwisata. Event ini merupakan ajang eksibisi bagi pelaku profesional industri pariwisata seluruh dunia. Lebih dari 50.000 profesional industri pariwisata, kementerian pemerintahan dan pers internasional berkumpul di gedung Excel – London setiap bulan November untuk mengembangkan jaringan, negosiasi dan mendapatkan opini dan trend industri pariwisata terbaru di WTM.

Tahun ini adalah tahun yang ke 35 WTM diselenggarakan adalah event dimana industri pariwisata melakukan dan mendapatkan deal-deal kerjasama penjualan dan pemasaran pariwisata. (Katharina Janur/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.