Sukses

Ini Tanda-Tanda Anda Seorang Workaholic

Apakah Anda seorang workaholic? Intip ciri-cirinya dalam artikel berikut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merupakan seorang workaholic? Ya, ungkapan workaholic timbul untuk seseorang yang sangat gemar dan menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk bekerja. Bahkan, seorang workaholic biasanya akan bekerja lebih banyak dibandingkan orang lain.

"Workaholic adalah seseorang yang memiliki performa sangat baik untuk pekerjaannya. Mereka terkadang tak menyadari dirinya adalah seorang workaholic. Hal ini dikarenakan mereka telah tenggelam dalam lautan pekerjaan yang sangat ia cintai," tutur Jullien Gordon, Speaker and Founding Partner of New Higher.

Seperti yang dikatakan oleh Gordon, banyak orang yang tak menyadari bahwa dirinya adalah seorang workaholic. Namun, tentunya seorang workaholic memiliki tanda-tanda tersendiri. Apa sajakah itu? Berikut ulasan yang dilansir dari Business Insider, Rabu (8/10/2014):

Memperhatikan Kantor

Seorang workaholic walaupun sedang berlibur bersama teman atau pun keluarga pun akan tetap membawa laptop untuk sekedar mengecek email atau mengerjakan pekerjaannya. Karena, walaupun tubuhnya sedang ada di luar kantor, namun otak dan pikirannya akan tetap berada di kantor untuk bekerja.


Bekerja Lebih Banyak

Menurut Gordon, seorang workaholic akan mengerahkan segala kemampuan yang ada dalam dirinya melebihi apa yang dilakukan oleh orang lain. Hal ini mereka lakukan lantaran pekerjaan menjadi suatu hal yang sangat penting dibandingkan dengan yang lainnya.

"Seorang workaholic ibaratnya akan memberikan apa yang ia miliki sebanyak 110 persen kepada pekerjaannya. Dimana, karyawan lain akan memberikan kemampuannya hanya 100 persen saja," ujar Gordon.


Tidak Dapat Menolak Pekerjaan

Seorang workaholic biasanya tidak akan menolak pekerjaan yang menghampirinya. Ada dua alasan mengapa ia melakukan hal tersebut. Pertama karena ia sangat mencintai pekerjaan tersebut dan ingin menyelesaikannya hingga tuntas sementara yang kedua adalah mereka merasa bersalah jika menolak pekerjaan tersebut. Alhasil, walaupun pekerjaan sebelumnya belum selesai, ia tetap mengambil pekerjaan baru.

 

Mengabaikan Hobinya

Setiap orang tentunya memiliki hobi yang mereka sukai dalam hidupnya. Seorang workaholic tentunya memiliki hobi yang ingin dijalankan namun karena terbentur oleh pekerjaan, akhirnya mereka memilih untuk mengabaikan segala hobi atau hal-hal yang disukainya. Padahal, setiap orang membutuhkan penyegaran diri agar mereka lebih semangat lagi saat bekerja dan selalu menghadirkan ide-ide yang brilian. (Cyn/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini