Sukses

Novel Andrea Hirata Bakal Diterbitkan di Jerman dan Jepang

Setelah diterbitkan dalam bahasa Jerman, akhir tahun ini, novel Laskar Pelangi akan merambah negeri Sakura dalam bahasa Jepang.

Liputan6.com, Jakarta- Novel trilogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata tak hanya sukses di tanah air saja. Setelah diterbitkan dalam bahasa Jerman dengan judul Regenbogen Trupe, akhir tahun ini, novel Laskar Pelangi akan merambah negeri Sakura dalam bahasa Jepang.

Hingga kini, novel tersebut masih dalam proses editing akhir dan akan segera dicetak paling lambat akhir tahun ini. Konfirmasi ini didapat Liputan6.com langsung oleh Andrea Hirata ketika ditemui di At America beberapa waktu lalu.

Sementara Laskar Pelangi merambah Jepang, novel keduanya, Sang Pemimpi justru akan diterbitkan di Jerman dengan tambahan beberapa hal pada isinya. Bagi Andrea, menerbitkan novel untuk kedua kalinya di negara yang sama tidaklah mudah. "Kebanyakan penerbit asing biasanya hanya mau menerbitkan novel sekali saja. Kalau buku selanjutnya bisa diterjemahkan dan diterbitkan di negara yang sama, itu benar-benar pilihan," kata Andrea bangga.

Di Jerman, novel keduanya, Sang Pemimpi akan berganti judul menjadi Song of The River. Dalam Buku setebal 400 halaman itu, beberapa bagian akan berbeda dengan buku aslinya. Andrea bilang, "Saya melakukan sedikit penambahan pada beberapa bagian tanpa mengubah jalan cerita. Hal ini malah lebih memperkaya karakter setiap tokohnya."

Sukses di dua negara, apa cita-cita Andrea berikutnya? "Saya berharap Laskar Pelangi bisa diterbitkan di New York," kata penulis yang kini lebih banyak menetap di Belitong ini.

Nah ternyata, meski sudah memperoleh penghargaan New York Book Festival di New York tahun lalu, ternyata novel Andrea Hirata belum diterbitkan di kota tersibuk di dunia itu. "Agen saya di Amerika sedang menegosiasikan hal ini. Semoga segera bisa diterbitkan. Mohon doanya, ya," kata Andrea yang juga pernah memenangkan penghargaan BuchAwards Germany 2013 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini