Sukses

Presiden-presiden Indonesia dan Cincin Batunya

Presiden-presiden Indonesia ternyata dikabarkan menggunakan cincin batu.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini di Indonesia fenomena penggunaan cincin batu kembali naik daun. Aksesori cincin batu sesungguhnya bukan barang baru di dunia penampilan masyarakat Indonesia. Orang-orang yang pernah menjabat pucuk pimpinan politik tertinggi di Indonesia atau Presiden pun dikabarkan mengenakan cincin batu.

Berikut ini adalah pemberitaan tentang jenis batu cincin yang dikenakan oleh presiden-presiden terdahulu Indonesia sebagaimana dikutip dari berbagai sumber dan pengamatan hasil foto para presiden ketika memakai cincin oleh pemerhati cincin Dono seperti ditulis Kamis (25/9/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Soekarno

Soekarno

Presiden pertama Republik Indonesia dikabarkan memiliki cincin Rubi (Ruby) atau yang juga disebut Batu Merah Delima.

Batu Ruby (rubi) masih satu keluarga dengan batu Saphhire (safir). Nama `Ruby` diambil dari bahasa latin `Ruber` yang berarti `Merah`. Tingkatan warna merah dari batu Ruby merupakan salah satu faktor dominan dalam menentukan harganya. Ruby yang dinilai memiliki warna merah sangat jelas disebut dengan Blood-red. Myanmar adalah negara yang sejak dulu dikenal sebagai sumber utama batu ini.

3 dari 7 halaman

Soeharto

Soeharto

Seperti Soekarno, diberitakan bahwa presiden yang menjadi penanda mulainya Orde Baru ini juga mengenakan batu merah delima atau rubi.

 

4 dari 7 halaman

Habibie

Habibie

Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden yang menjabat setelah era Soeharto berakhir ini diberitakan memakai cincin berlian atau intan.

Batu Intan atau diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak orang. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik. Intan yang terkait konflik dan masalah pendanaan organisasi politik tertentu serta kekerasan disebut dengan istilah Blood Diamond.

5 dari 7 halaman

Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid

Presiden yang akrab disapa Gus Dur ini dikabarkan memiliki cincin batu zamrud.

Zamrud adalah nama lain dari Emerald yang merupakan bagian dari keluarga batu Beryl. Warna batu Zamrud ini adalah hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM. Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Megawati

Megawati

Presiden wanita pertama Indonesia yang merupakan anak dari Presiden Soekarno ini diberitakan memiliki cincin batu Black Sapphire.

Batu cantik ini umumnya memiliki warna biru yang dalam. Varian lain dari Sapphire (safir) adalah yang tak berwarna, semu abu-abu, hitam, kuning, hijau, dan lainnya. Varian lain yang memiliki motif seperti bintang di badan batu disebut dengan Star Sapphire. Beberapa jenis Sapphire juga dapat tampak berubah warna bila terkena cahaya. Jumlah Sapphire yang cukup banyak bisa ditemukan di Thailand, Srilanka, Tiongkok, Madagaskar, dan lain sebagainya.

7 dari 7 halaman

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono yang kepmimpinannya sebagai presiden akan digantikan oleh Joko Widodo diberitakan memiliki cincin Batu Biduri Kucing.

Batu Biduri Kucing atau Cat’s Eye disebut juga dengan nama Cymophane. Batu ini merupakan bagian dari keluarga batu Chrysoberyl. Banyak jenis batu ini ditambang di Srilanka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.