Sukses

Menengok Ruang Rahasia Tempat Para Awak Pesawat Terbang Istirahat

Ruang rahasia tempat para awak pesawat terbang beristirahat.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, ternyata di dalam sebuah pesawat terbang dilengkapi dengan ruang rahasia. Lantas ruang rahasia apakah yang dimaksud?

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Rabu (15/9/2014), di atas ketinggian ribuan kaki, para awak pesawat terbang dengan cekatan dan sabar melayani para penumpang.

Di balik tanggung jawab dan profesionalismenya, para awak pesawat terbang ini tetaplah manusia biasa yang membutuhkan istirahat setelah bekerja keras memberikan pelayan terbaik untuk para penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Crew Rest Compartments (CRCs)

Namun pernahkah Anda bertanya, di manakah tempat mereka beristirahat ketika sedang dalam penerbangan jarak jauh? Tanpa Anda sadari, dalam sebuah pesawat terbang yang melayani penerbangan jarak jauh ternyata dilengkapi dengan ruang rahasia yang diberi nama Crew Rest Compartments (CRCs) atau ruang istirahat khusus kru (pramugari, pramugara dan pilot).

Seorang desainer pesawat terbang harus berpikir keras bagaimana caranya untuk menjejalkan tempat istirahat para awak kabin ke ruang terbatas, tanpa harus mengorbankan ruang untuk kursi penumpang yang tentunya menjadi sumber utama pendapatan sebuah maskapai penerbangan. Lantas seperti apakah ruang ini terlihat dan bagaimanakah para desainer merancangnya?

3 dari 3 halaman

Desain Bervariasi

Crew Rest Compartments atau CRCs, memiliki desain yang bervariasi dari pesawat ke pesawat. Pada Boeing 787, CRCs terletak di atas kompartemen penumpang dan mampu memuat hingga lima pramugari. CRCs untuk pilot sendiri, terletak terpisah namun tampilannya tak berbeda jauh dengan CRCs untuk pramugari.

Pada pesawat Cathay Pacific 777-300ER terdapat tangga rahasia untuk menuju CRCs yang letaknya berada di bagian belakang pesawat. Wilayah itu sendiri bentuknya menyerupai terowongan, agar dapat mencapai ruang yang berkapasitas untuk delapan kru tersebut petugas harus membungkukkan badan.

 

Berikut tampilan CRCs pada sebuah pesawat terbang:

 

0airplanecrc-006.jpg

 

0airplanecrc-007.jpg

 

 

0airplanecrc-008.jpg

 

0airplanecrc-010.jpg

 

0airplanecrc-011.jpg

 

0airplanecrc-012.jpg

 

0airplanecrc-013.jpg

 

0airplanecrc-003.JPG

 

0airplanecrc-009.jpg

 

0airplanecrc-001.jpg

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.