Sukses

Festival Teluk Tomini Ciptakan Peluang Investasi Kelautan

Festival Teluk Tomini diharapkan mampu mengundang investor asing.

Liputan6.com, Jakarta Gelaran Festival Teluk Tomini yang akan diselenggarakan 10-13 September 2014 mendatang memiliki manfaat besar untuk memperkenalkan potensi wisata bawah laut Teluk Tomini kepada dunia luar.

 

Selain itu, gelaran ini juga diharapkan menciptakan peluang investasi yang kondusif diberbagai sektor khususnya kelautan dan perikanan. Pasalnya, Teluk Tomini memiliki potensi pengembangan sektor kemaritiman yang sangat besar.

 

"Melalui Festival Teluk Tomini, diharapkan membuka kran investasi khususnya di sektor kelautan perikanan yang bernafaskan konsep ekonomi biru (blue economy) sehingga menciptakan produksi komoditas kelautan dan perikanan berkualitas serta berkelanjutan, ucap Sharif Cicip Sutardjo, Menteri Kelautan dan Perikanan saat launching Festival Teluk Tomini 2014 di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

 

 

Sharif menambahkan, Teluk Tomini merupakan salah satu teluk terbesar di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tengah dengan luas kurang lebih 6 juta hektar serta sumber daya alam yang beragam.

 

Ada pun, Teluk Tomini memiliki luas terumbu karang sebesar 1.031 Ha dan luas hutan Mangrove 785.10 Ha. Di daerah itu juga terdapat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dengan spesies endemik seperti Tuna Sirip Kuning, Anoa, Babi Rusa, Maleo dan spesies lain yang belum teridentifikasi.

 

”Dengan dijadikannya Teluk Tomini sebagai destinasi wisata bahari, pemerintah dan masyarakat setempat perlu menjaga kelestarian dan keindahan lingkungan yang menjadi daya tarik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang,” tutur Sharif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini