Sukses

8 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mudik Bersama Anak-anak

Namun untuk menciptakan kesenangan dan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan bersama anak, dibutuhkan kesiapan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta- Rekreasi keluarga dapat menciptakan kenangan panjang dan pembelajaran yang baik untuk orang-tua dan anak-anak. Tetapi perjalanan bersama anak-anak terkadang menjadi ujian untuk kesiapan dan kesabaran. Tetapi jika Anda bisa melewatinya, selain si buah hati merasa nyaman, hati pun Anda turut senang.

Namun untuk menciptakan kesenangan dan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan, dibutuhkan kesiapan sebelumnya. Terutama dikarenakan kebutuhan perlengkapan untuk si kecil selama bepergian harus dipersiapkan lebih matang.

The American Society of Travel Agents (ASTA), asosiasi biro perjalanan di Amerika Serikat merancang sejumlah daftar yang dibutuhkan oleh para orang-tua dalam mempersiapkan kebutuhan untuk perjalanan keluarga.

1. Sebelum menentukan tujuan, ketahui dahulu budget dari liburan kali ini. Ini akan memudahkan Anda dalam mengatur hal lainnya, seperti transportasi, akomodasi dan makan, dan belanja. Selanjutnya, pilihlah tujuan yang cocok bagi semua anggota keluarga. Apabila bepergian bersama anak kecil, pastikan bahwa ada tempat bermain baginya. Hindari tempat yang hiruk-pikuk dan terlalu ramai.

2. Salah satu pembelajaran baik untuk anak adalah dengan mengikutsertakannya dalam memilih tujuan perjalanan kali ini. Buatlah beberapa pilihan, dan diskusikan bersama tempat yang akan dikunjungi. Jelaskan pada anak deskripsi dari tempat tujuan, apa yang dapat diharapkan, dan rencana Anda sekeluarga setibanya disana.

3. Jika keluarga Anda bepergian menggunakan kendaraan pribadi, pastikan Anda memiliki children car seat – jok khusus untuk anak-anak untuk melindunginya dari bahaya kecelakaan dan rem mnedadak. Anda dapat membeli kursi khusus ini di beberapa toko perlengkapan bayi. Mintalah petunjuk petugas untuk memasangnya dengan tepat, dan jangan lupa kenakan sabuk pengaman pada anak Anda. Beberapa jenis children car seat menyediakan sabuk pengaman yang dirancang khusus untuk kenyamanan bayi. Setiap kursi dirancang sesuai usia anak, dan kapasitas kendaraan.

4. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah persiapkan kesehatan, terutama anak-anak.
Setiap individu berbeda kondisi kesehatannya. Sebagian individu mungkin alergi terhadap salah satu atau beberapa bahan makanan tertentu. Sesuaikan bahan makanan yang digunakan dengan kondisi kesehatan anda. Perhatikan baik-baik selalu bahan-bahan yang tercantum dalam setiap kemasan.

5. Jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kesiapan kondisi kesehatan sang buah hati. Lengkapi dengan beberapa jenis vaksinasi, seperti Vaksin Hepatitis B,  vaksin Hepatitis A, vaksin Typhoid, vaksin demam kuning, vaksin Campak, vaksin Meningtis, dan vaksin Rabies. Sebaiknya lakukan vaksinasi 1-2 minggu sebelum perjalanan, untuk menghindari kemungkinan adanya demam akibat efek samping vaksinasi.

6. Setelah itu, bantulah anak dalam mengepak. Siapkan traveling bag bagi anak, besar-kecilnya tergantung dari lamanya perjalanan Anda. Pastikan bahwa anak membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca di tempat tujuan.

7. Biarkan anak membawa tas ektra yang berisi barang-barang yang bersifat menghibur, misalnya, buku cerita. Agar anak merasa tidak asing di tempat tujuan, bawalah barang khas rumah, seperti bantal, selimut, atau boneka kesayangan. Jangan lupa membawa obat-obatan, dan P3K.

8. Siapkan juga kebutuhan hiburan si kecil misalnya; mainan, CD musik, atau boneka kesayangannya untuk mengatasi rasa bosan si kecil selama di perjalanan. (liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini