Sukses

Baju Pesta Orang Indonesia di Mata Desainer Jeanny Ang

Jeanny Ang yang mengenyam pendidikan desain fashion di Hong Kong melihat perbedaan gaya busana pesta orang Indonesia dengan orang Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta Mengenyam bangku pendidikan tinggi bidang desain fashion di Hong Kong International Design School, Jeanny Ang melihat perbedaan antara gaya busana pesta masyarakat Indonesia dengan masyarakat Hong Kong.

Ditemui di butiknya di Mall Taman Anggrek lantai dasar di Jakarta Barat, Jeanny Ang yang memang mengambil spesialisasi desain  baju pesta saat kuliah mengutarakan pandangannya mengenai gaya pesta orang Indonesia kepada liputan6.com seperti ditulis Senin (7/4/2014):

 

Apakah ada perbedaan antara selera busana pesta masyarakat Hong Kong dan Indonesia?

Pakaian pesta masyarakat Hong Kong lebih simple dan menekankan siluet, serupa dengan pakaian pesta artis-artis Hollywood. Sedangkan pakaian pesta masyarakat Indonesia lebih bergaya Eropa di mana terdapat banyak aksen payet ataupun kristal.

Salah satu hal yang jadi pendorong dari timbulnya dua gaya yang berbeda ini adalah suasana pesta yang berbeda di kedua negara. Pesta-pesta di Indonesia memang jauh lebih besar dan lebih megah dibanding pesta-pesta di Hongkong ataupun di belahan dunia manapun sehingga untuk menghadiri sebuah pesta di Indonesia seseorang memang perlu busana pesta yang lebih glam agar sesuai dengan suasana pesta.

 

Bagaimana Anda melihat gaya busana warga Jakarta saat menghadiri pesta?

Gaya busana masyarakat Jakarta dapat dikelompokkan sesuai area tempat tinggal. Pernikahan di daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat lebih banyak bertema internasional sehingga busana pesta masyarakatnya juga lebih bergaya internasional, seperti ball gown. Sedangkan masyarakat Jakarta Selatan cenderung memilih busana tradisional dengan sentuhan moderen, seperti kebaya moderen.

 

Hal apa yang perlu diperhatikan saat memilih busana untuk menghadiri sebuah pesta?

Sebagian masyarakat masih belum memiliki prinsip berfashion sehingga kerap menjadi korban tren fashion. Jika satu tren fashion muncul, masyarakat langsung mengikuti tanpa melihat apakah hal tersebut cocok atau tidak dengan dirinya.

Hal tentang busana yang perlu diperhatikan untuk menghadiri sebuah pesta adalah bahwa seseorang harus tampil sesuai jenis acara sebagai bentuk penghargaan pada tuan rumah pesta tersebut.

 

Apa pendapat Anda tentang orang yang berbusana untuk mata orang lain pada sebuah pesta?

Tiap orang harus berupaya menampilkan keindahan. Oleh karena itu tentu tindakan berbusana perlu diisi dengan tujuan agar orang sekitar mengapresiasi gaya busana kita yang mana gaya busana itu merupakan wujud upaya kita dalam menampilkan keindahan.

Yang perlu dijaga adalah pikiran yang tetap positif. Jika ada seseorang yang tampil lebih baik justru kita harus dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut. Jelas kita tidak boleh memposisikan orang yang tampil lebih baik tersebut sebagai musuh.

 

Bagaimana caranya agar seseorang tampil dengan gaya memukau dan berbeda dari sekitarnya pada sebuah pesta?

Jika ingin tampil stand out pada sebuah pesta, seseorang justru perlu memakai busana dengan warna-warna yang cerah sebab orang-orang lainnya cenderung memilih busana berwarna gelap untuk menghadiri sebuah pesta.

fashion

Pandangan umum yang ada di kepala sebagian besar masyarakat adalah bahwa warna gelap akan membuat mereka tampak lebih langsing dan lebih anggun. Bahwa warna gelap dapat membuat seseorang tampak langsing memang benar.

Namun hal ini tidak serta berarti bahwa busana warna cerah tak dapat membuat pemakainya tampak lebih langsing dan lebih anggun. Kuncinya adalah membuat model pakaian yang dapat membuat si pemakai tampak lebih langsing dan lebih anggun.

Selama merancang pakaian untuk klien, saya tidak pernah menggunakan warna hitam karena saya memang menyarankan klien saya untuk mencoba berbagai warna lain selain dari warna hitam. Hidup ini penuh dengan berbagai warna indah. Pancarkanlah warna-warna tersebut.

 

Dari mana Anda mendapat inspirasi dalam merancang?

Menurut saya tiap desainer fashion harus memiliki ciri khas rancangan dan ciri khas tersebut akan muncul dari jiwa dan selera sang desainer. Saya pribadi memang menyukai bunga-bunga yang cantik serta warna-warna cerah yang lembut dan natural dan juga. Saya ingin tiap orang yang memakai rancangan saya mendapat feel feminin dan cantik.

Dalam hal model pakaian, saya memang suka dengan model layer karena layer tersebut memberi nuansa happy pada rancangan yang saya buat. Pesan yang ingin saya sampaikan melalui desain yang happy itu adalah enjoy your life and everything will be fine.

Salah satu desainer Indonesia yang saya suka adalah Sebastian Gunawan. Menurut saya Sebastian Gunawan punya konsistensi style, konsep desain yang bagus, teknik yang bagus. Untuk desainer luar negeri, saya suka Vera Wang. Saya suka dengan konsep desain layer pada rancangan-rancangan Vera Wang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.