Sukses

Potret Anak Perempuan yang Tak Harus Cantik, Centil dan Penurut

Kate berharap koleksi fotografinya membuat masyarakat mengerti idenya tentang keunikan tiap individu dan sosok perempuan yang tangguh.

Liputan6.com, Jakarta “Anda tidak harus menjadi cantik, sempuna atau penurut untuk dicintai”. Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer Kate T. Parker untuk menjadikan putri-putrinya sebagai wanita yang kuat saat ia mulai memotret mereka sejak tiga tahun lalu, sebagiamana dilansir dari huffingtonpost.com, Minggu (30/3/2014).

 

Anda tidak akan melihat boneka atau rok ballet pink pada foto-foto yang energik dan cantik ini. Foto-foto ini menunjukkan apa artinya menjadi seorang perempuan pada saat ini. Melalui foto-foto tersebut Kate ingin agar putrinya dapat keluar dari stereotipe yang dibuat tentang seorang perempuan dan berani untuk merayakan kekuatan dan minat mereka.

 

“Jadilah kuat, jadilah diri sendiri, jujur, dan rayakan siapa dirimu”. Itulah pesan Kate kepada kedua putrinya yang baru berusia 5 dan 8 tahun. Kate percaya bahwa kita harus mendukung anak-anak perempuan untuk menjadi apa yang diminatinya, entah itu menjadi seorang atlet ataupun pemimpin.

 

Kate mengatakan "Saya tak pernah merasa bahwa saya harus tampil girly agar dapat dicintai atau diterima. Dan saya ingin menumbuhkan juga hal itu pada putri-putri saya. Saya ingin menumbuhkan kekuatan, kepercayaan diri, kebaikan juga ketangguhan pada diri mereka”.

 

Lanjutnya, “Saya ingin menunjukkan kecantikan, keunikan dan kekuatan kedua putri saya dan teman-temannya sebagaimana adanya mereka. Rambut yang berantakan, wajah yang kotor, kemarahan, kegembiraan, apapun itu saya ingin memotretnya”.

 

Kate yang merupakan atlet semasa kuliah memang sangat gigih untuk mendukung perempuan menjadi dirinya sendiri dengan kekuatannya sendiri. Ia berharap dengan koleksi fotografi tersebut, orang-orang juga mengerti idenya tentang keunikan tiap individu dan sosok perempuan yang tangguh. Kate percaya bahwa sangat penting bagi anak-anak perempuan untuk mengetahui kekuatannya dan suaranya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Memotret Anak-anak dari Kate T Parker

Tips Memotret Anak-anak dari Kate T Parker

 

Berikut ini adalah beberapa tips dari Parker agar Anda dapat membuat foto yang hebat dari anak-anak Anda:

 

1. Carilah cahaya.

Waktu yang tepat untuk mendapat banyak cahaya adalah saat matahari menjelang tenggelam. Ajak anak Anda satu setengah jam sebelum matahari terbenam. Tempatkan mereka tepat di depan matahari yang menghadap diri Anda (backlighting) dan potret mereka.

 

2. Jangan katakan "Cheese"

Anda tentu menginginkan senyum yang jujur dan interaksi sesungguhnya antara anak-anak Anda dengan lingkungannya. Katakan pada mereka untuk tidak mempedulikan kamera.

3. Dokumentasi apa yang mereka sukai

Potret anak-anak Anda saat mereka memegang benda yang disukainya. Latar dinding polos membuat objek foto menjadi fokus perhatian. Potret mereka dengan benda yang disukainya setahun sekali.

 

4. Potret dari jarak dekat

Ambil foto close up anak-anak Anda setiap tahunnya. Dengan cara itu, Anda akan melihat perubahan besar yang terjadi pada diri anak. Potret juga mereka ketika giginya tanggal, mengenakan kawat gigi atau kaca mata, model rambut baru, seragam sekolah dan lain sebagainya. Foto-foto dari jarak dekat, terutama pada bagian wajah, akan menghasilkan foto yang kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.