Sukses

Dramatisnya Body Painting 3D, Awas Bisa Menipu Mata!

Jika ada pesta kostum seperti pesta Halloween, Anda dapat menggunakan seni lukis tubuh tiga dimensi ini untuk menghadiri acara tersebut.

Liputan6.com, Tokyo Jika ada pesta kostum seperti pesta Halloween, Anda dapat menggunakan seni lukis tubuh ini untuk menghadiri acara tersebut. Berbeda dari seni lukis lainnya, karya-karya dari seniman asal Jepang Hikaru Cho ini menggunakan teknik lukis tiga dimensi pada tubuh. Hal ini menghasilkan ilusi optik yang menarik.

 

Sebuah karya menampilkan sepenggal tangan yang memiliki resleting. Karya lainnya menampilkan kulit tubuh yang terangkat sehingga nampak kerangkanya. Memiliki dua mata tambahan di bawah mata asli juga dapat ditemui pada karya lukis tubuh Hikaru.

 

Hikaru Cho adalah seniman yang terdaftar sebagai mahasiswa di Musashino Art University, Jepang, sejak tahun 2012. Ia baru akan menginjak usia 21 tahun pada minggu ini. Selain sebagai wujud kreatifitas, seniman dengan nama alias Choo-San ini melukis karya-karya tersebut juga untuk aksi sosial.

 

Dikutip dari halaman telegraph.co.uk, Senin (24/3/2014), Hikaru, didukung oleh Amnesti Internasional, membuat lukisan-lukisan tubuh tiga dimensi bertajuk `My Body My Rights`. Karya-karya ini merupakan bentuk pernyataan tentang hak perempuan dalam memegang kendali penuh atas tubuhnya.

 

Pada sebuah karya lainnya, tampak wajah seorang laki-laki dilukis menjadi dua bagian wajah pria yang sedang berciuman. Madhu Maholtra, Direktur Program Gender, Seksualitas, dan Identitas dari Amnesty Internasional, mengatakan "Kita semua harus menikmati hak untuk menentukan sendiri kesehatan, tubuh, dan kehidupan seksual kita tanpa rasa takut, pemaksaan dan diskriminasi".
 

Jalan yang harus ditempuh untuk mewujudkan tersebut tampaknya masih panjang. Di Kongo, 65 persen perempuan memiliki pengalaman seksual pertama melalui penyerangan. Negara-negara seperti Yaman, Brunei Darrussalam, Sudan, dan Afganistan, menerapkan hukuman mati bagi aktivitas hubungan sesama jenis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lukis Timun jadi Pisang

Lukis Timun jadi Pisang

Bukan hanya melukis tubuh, Hikaru juga mengekspresikan pemikirannya dengan melukis makanan. Idenya Hikaru ialah bahwa sungguh absurd untuk menilai sesuatu atau seseorang dari penampilan luarnya.

 

Dengan ide itu, Hikaru melukis sebuah pisang dengan tampak luar seperti timun, tomat yang tampilan luarnya jeruk atau terung yang ternyata adalah telur.

 

Seni menghias tubuh dengan lukisan sesungguhnya sudah dilakukan oleh suku-suku purba kala. Biasanya tubuh dilukis pada saat diadakannya upacara-upacara adat. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, seni lukis tubuh atau dalam bahasa Inggris disebut dengan body painting menjadi ajang seni untuk menampilkan estetika murni (dengan tujuan untuk keindahan itu sendiri) atau juga sebagai wujud dari protes sosial-budaya.

 

Fenomena body painting ini meluas hingga ke kalangan selebriti Hollywood. Pada tahun 2013, Lady Gaga melukis wajahnya dalam rangka mempromosikan albumnya yang berjudul Artpop. Saat itu teman sesama selebriti Gaga, Ryan Seacrest, juga ikut melukis wajahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini