Sukses

5 Langkah Mudah Bekerja dari Rumah

Berikut adalah langkah dasar untuk memulai bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Kebebasan dalam mengatur waktu dan finansial kini menjadi faktor yang membuat banyak orang memilih bekerja dari rumah, terutama di kota besar. Namun  tidak semua orang berani mengambil langkah ini. Berikut adalah langkah dasar untuk memulai bekerja dari rumah.

Langkah 1 : Siapkan mental

Mental adalah faktor yang sangat penting ketika Anda memutuskan untuk bekerja dari rumah.  Ini berarti pemasukan yang bisa jadi minim diawal memulai, hingga kebosanan bekerja dari rumah dan tergoda untuk bekerja kantoran kembali.

Langkah 2 : Tentukan bisnis yang hendak dijalankan

Pilih bisnis atau model pekerjaan yang hendak Anda jalankan dari rumah sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan Anda. Misalnya, selama ini Anda bekerja sebagai akuntan di kantor, lalu karena hobi memasak, Anda juga ingin memiliki usaha katering sendiri. Seraya membangun usaha catering, Anda juga bisa menjadi akuntan bagi usaha Anda sendiri. Mencatat pemasukan dan pengeluaran, menghitung rugi laba usaha. 

Langkah 3 : Terapkan disiplin waktu

Meski tidak lagi bekerja sesuai dengan jam kantor yang ketat, Anda tetap bisa membawa kedisiplinan ini ketika bekerja dari rumah. Misalnya, dengan menetapkan waktu bekerja dari setelah jam makan siang ketika anak Anda sedang ekskul atau tidur siang hingga sore hari. Dengan demikian, Anda juga bisa memaksimalkan waktu untuk keluarga, juga untuk diri Anda sendiri.

Langkah 4 : Siapkan ruangan

Siapkan ruangan terpisah yang dapat digunakan untuk  konsentrasi ketika bekerja. Misalnya ruang baca yang tenang, dilengkapi dengan perlengkapan komputer, telepon, faksimili, internet atau meja kerja yang dinamis. Memiliki ruangan dan perlengkapan sendiri cukup penting untuk menghemat biaya komunikasi.

Langkah 5 : Manfaatkan networking

Pastikan rekan kerja Anda sebelumnya, atau keluarga dan sahabat dekat Anda mengetahui bisnis atau usaha yang Anda lakukan dari rumah. Menjaga hubungan dengan rekan kerja lama seringkali dapat membantu kelancaran bisnis yang dilakukan dari rumah. Tak hanya itu, networking melalui social media juga bisa dilakukan, tetapi tidak terlalu menyolok sehingga mengganggu privasi digital orang lain.

Jangan ragu untuk memulai bekerja dari rumah. Dengan langkah yang tepat, Anda pun bisa menikmati hasilnya, juga memaksimalkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Baca Juga:

Cara Dapat Uang dengan Menjadi Fotografer Street Style

8 Alasan Bos Harus Banyak Tersenyum

4 Tips Bikin Karyawan Setia dan senang dengan Pekerjaannya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.