Sukses

Orang Indonesia 'Penggila' Belanja Online?

Menurut survei yang dilakukan, Indonesia merupakan negara dengan konsumen belanja online tertinggi dibandingkan 11 negara Asia lainnya.

Berbelanja dengan cara online menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di era sekarang ini. Menurut survei, di antara 12 negara di Asia, ternyata Indonesia termasuk negara yang bisa dikatakan penggila belanja online. Survei ini dilakukan oleh Groupon (perusahaan bisnis pemimpin global di industri komersil) yang melibatkan 25.070 responden pada 31 Oktober hingga 11 November 2013.

Selain Indonesia, 12 negara Asia yang menjadi responden yaitu Australia, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Hasil survei mengatakan di antara Taiwan dan Malaysia, Indonesia merupakan negara dengan konsumen belanja online tertinggi yaitu 66 persen.

Orang Indonesia melakukan belanja online melalui ponsel smartphone atau tablet yang dimilikinya. Selain 'gila' belanja online, orang Indonesia termasuk yang berencana menghabiskan 22 persen dari anggaran mereka untuk membeli hadiah. Jumlah persentase tersebut merupakan yang tertinggi kedua setelah Malaysia untuk wilayah Asia Pasifik.

Hasil survei tersebut mengatakan orang Indonesia lebih menyukai belanja online dibandingkan harus berbelanja ke toko atau pusat perbelanjaan dengan persentase hanya 37 persen. Hal tersebut seperti membuktikan gaya hidup orang Indonesia terpengaruh dari perkembangan dunia digital.
 
Terkait hasil survei ini CEO Groupon Indonesia, Indrasto Budisantoso mengatakan, "Hasil survei kami menunjukkan bahwa Indonesia memimpin dalam hal kebiasaan memberikan hadiah dan berbelanja online melalui smartphone dan tablet. Tidak hanya barang seperti pakaian, sepatu dan elektronik bahkan untuk makan di restoran dan kegiatan rekreasi dilakukan secara online," katanya seperti yang ada dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (19/12/2013).

Indra mengatakan Groupon Indonesia berkomitmen untuk memberikan penawaran terbaik baik produk maupun pengalaman perjalanan untuk membuat hidup konsumen menjadi lebih menyenangkan. "Dan sepertinya hasil ini disetujui oleh 54 persen responden yang menyatakan bahwa mereka dapat menemukan hadiah yang orisinil dan unik di Groupon.co.id, sementara 57 persen responden menyatakan menggunakan aplikasi mobile Groupon Indonesia untuk berbelanja sepanjang musim liburan ini." kata Indra menjelaskan.

Groupon Indonesia telah meluncurkan aplikasi mobile versi baru untuk iPhone, iPad, dan Android yang menjadi pilihan belanja popular di musim liburan ini. Mayoritas responden (96 persen) mengatakan mereka berencana untuk membeli hadiah liburan melalui Groupon, sedangkan 72 persen responeden mengatakan akan berbelanja melalui Groupon di menit-menit terakhir.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.