Sukses

Sichuan, Kuliner China dengan Sensasi Pedas Unik di Lidah

Berikut sensasi rasa pedas yang kaya rempah dan unik dari kuliner China, Sichuan.

Liputan6.com, Jakarta Cita rasa pedas pada makanan memberikan sensasi kuliner yang nikmat. Salah satunya menu makanan khas China, Sichuan. Terkenal dengan rasa pedanya, kuliner Sichuan belakangan mendapatkan tempat di Indonesia terlihat dari beberapa restoran China yang menyediakan menu makanan pedas ini.

Melihat hal tersebut, hotel bintang lima Shangri-La Hotel Jakarta juga menyajikan masakan Sichuan pada tanggal 22 sampai 25 Maret 2018. Pecinta makanan Chinese akan menikmati kreasi kuliner Sichuan yang kaya rasa dan aroma, dipersiapkan oleh juru masak Chef Rick Du dari Shangri-La Hotel Senyang, China bersama tim kuliner JIA.

Masakan Sichuan memiliki kombinasi cita rasa asam, pedas, panas, manis, pahit, asin dan beraroma khas. Untuk menu pedas, kuliner Sichuan yang otentik harus menggunakan rempah-rempah istimewa Sichuan untuk menghasilkan sensasi pedas yang unik di mulut. Beberapa bahan dasar yang umumnya digunakan adalah lada Sichuan hijau dan merah, lada hitam, cabai kering, cabai segar, bawang merah, jahe dan bawang putih.

"Cita rasa yang identik dengan makanan Sichuan adalah pedas. Pedanya juga menimbulkan rasa kelu di lidah yang menjadi sensasi menarik saat menikmatinya. Rasa seperti kepas ini berasal dari rempah khusus yaitu lada Sichuan," kata Rick Du Executive Chinese Chef Shangri-La Senyang, China saat food testing di JIA Shangri-La, Kamis (22/3/2018).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencicipi Sichuan kuliner pedas dari China

Ragam menu spesial yang ditawarkan adalah Sichuan Sesame Spare Ribs with Sweet and Sour Sauce, Sichuan Pepper Beef Tendon, Abalone Mushroom in Fragrant Spicy Roast Sauce, Sichuan Stewed Beef Brisket with Spicy Dumpling serta menu sayuran Chilled Spring Water Okra.

Untuk pecinta hidangan laut, menu yang disarankan untuk dicoba adalah Sichuan Hot and Sour Soup with Fish Maw, Sichuan Style Grouper Fish Soup, Sichuan Braised Shrimp Balls with Chilli and Vegetables dan juga Baked Cod Fish with Sichuan Pepper and Onion.

3 dari 3 halaman

Mencicipi Sichuan kuliner pedas dari China

“Tamu JIA yang berkebangsaan Indonesia umumnya tertarik dengan hidangan yang kaya bumbu dan pedas. Tim kuliner JIA ingin memperkenalkan cita rasa masakan Sichuan yang kaya rasa agar tamu dapat merasakan sisi lain dari masakan Chinese, dimana Sichuan juga merupakan salah satu makanan Chinese yang sudah mendunia. Saya dan tim akan bekerja sama dengan salah satu juru masak Chinese senior di Shangri-La Group yaitu Executive Chinese Chef Rick Du dari Shangri-La Hotel Senyang untuk memastikan rasa terbaik dan otentik untuk tamu” kata Christopher Chai Executive Chinese Chef Shangri-La Hotel Jakarta.

Menu-menu Sichuan hadir dalam a la carte menu untuk santap siang dan malam. Bagi Anda yang ingin mencicipi cita rasa pedas kaya rempah khas Sichuan bisa menikmatinya dengan ditemani Chinese tea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.