Sukses

Ini Dia Soto Kuah Bening Paling Hits di Kulonprogo

Soto kuah bening Paiman di Wates Kulonprogo terjual 200 mangkuk per hari.

Liputan6.com, Yogyakarta Jika Anda berkunjung ke Kulonprogo, sempatkan untuk mampir ke Proliman Jalan Khudori, Wates, untuk bisa menikmati soto kuah bening Paiman yang hits di kalangan traveler dan warga sekitar. 

Winarni sang pemilik Soto Paiman mengaku, usaha soto miliknya sudah ada sejak 1989, dan kini sudah masuk ke generasi kedua. 

"Buka dari 07.30 wib -16.30 wib," katanya.

Tidak jarang jika tokoh atau artis lokal sering datang ke warung soto ini. Walaupun sang pemilik warung soto tidak tahu jika salah satu pembelinya adalah artis.

"Endank Soekamti pernah sampai ramai pada minta foto, lainnya pernah tapi ya saya ga tau namanya," katanya.

Kuah Bening

Winarni mengaku kuah bening soto yang dijualnya merupakan hasil kreasi pendahulunya yaitu Paiman. Soto kuah bening Paiman terkenal dengan rasa soto yang gurih dan berkuah bening.

"Ya dari dulu memang bening kuahnya. Kita ikuti aja," katanya.

Karena mengikuti tradisi leluhur dalam memasak soto inilah yang membuat soto Paiman dikenal terjaga kualitasnya. Sehingga soto Paiman kini memiliki pelanggan tetap setiap harinya.

"Kita masih pakai bumbu turun temurun jadi kualitas terjaga," katanya.

Menjaga tradisi keluarga melalui bumbu soto inilah menurut Winarni Soto Paiman akan memiliki pelanggan baru. Tidak jarang setiap hari ratusan mangkuk soto terjual.

"Sehari setidaknya ada 200an mangkuk ya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ayam Kampung dan Perkedel

Selain soto kuah bening ada menu lainnya yang layak dicoba yaitu ayam goreng kampung. Ayam goreng kampung ini disajikan terpisah menemani lauk lainnyaseperti tempe, tahu, telur.

"Disini ayam kampung harus coba," katanya.

Walaupun sedikit alot namun citarasanya terasa gurih. Rasa gurih ini berasal dari cara masak yang masih tradisional.

"Masaknya masih pakai kayu. Dari dulu juga pakai kayu," katanya.

Selain ayam menu makanan lainnya adalah perkedel yang khas di soto Paiman. Berbentuk bulat kecil-kecil perkedel ini siap menambah cita rasa soto yang gurih dan nikmat.

"Perkedel disini beda, rasanya gurih. Bentuknya juga bulet kecil," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Harga Terjangkau

Wates Kulonprogo berbeda dengan Kota Yogya sebagai pusat ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sehingga harga yang ditawarkan di Wates cukup berbeda dengan di Kota Yogya.

Menu soto seperti Soto Paiman termasuk mahal di Wates namun termasuk murah jika di Kota Yogya. Harga yang ditawarkan dengan kualitas soto sepertinya soto Paiman cukup terjangkau harganya.

"Satu mangkuk 10 ribu harga sekarang tahun depan ga tau," katanya.

Sementara harga ayam kampung yang disajikan di Soto Paiman memiliki harga yang cukup terjangkau juga. Sebaiknya memilih menu ini jika ingin kenyang.

"Ayam mulai dari 7 ribu sampai 13 ribu. Minumannya sih biasa ga ada istimewa," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini